PENGENDALIAN GERAKAN MASSA TANAH DI DUSUN BALAK, DESA PENDOWOREJO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Utomo, Fahreza Aji (2018) PENGENDALIAN GERAKAN MASSA TANAH DI DUSUN BALAK, DESA PENDOWOREJO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian terdapat beberapa pemukiman pada tebing lereng yang menambah beban lereng, sehingga menimbulkan bencana berupa gerakan massa tanah. Gerakan massa tanah tersebut pernah terjadi pada tahun 2017 ketika musim hujan dengan intensitas hujan tinggi sehingga tanah menjadi jenuh dan berat hingga terjadi gerakan massa tanah yang mengakibatkan kerugian material. Lereng dapat dianalisis melalui perhitungan faktor keamanan lereng dengan melibatkan sifat fisik tanah, geometri lereng dan mekanika tanah. Sehingga dengan mencari faktor keamanan lereng dapat dilakukan arahan pengelolaan yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk mengetahui nilai faktor keamanan pada lereng berdasarkan sifat fisik dan mekanika tanah serta teknik pengelolaan lahan agar lereng bias stabil di daerah peneliitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode survei dan pemetaan, metode matematis yaitu perhitungan metode fellenius dan laboratorium. Metode survei bertujuan untuk memperoleh pengetahuan lebih banyak dan mendeskripsikan keadaan daerah penelitian secara langsung di lapangan, kemudian dilakukan pemetaan topografi, pemetaan jenis tanah, pemetaan satuan batuan, dan pemetaan penggunaan lahan berdasarkan data sekunder yang telah didapatkan. Metode analisis laboratorium yang dilakukan adalah mekanika tanah dilakukan untuk mendapatkan nilai sudut geser dalam, kuat tekan, dan kohesi tanah. Hasil uji analisis laboratorium akan digunakan dalam perhitungan faktor keamanan lereng dengan menggunakan metode fellenius dengan bantuan program slide.
Berdasarkan hasil analisis, lereng pada daerah penelitian di area pemukiman merupakan lereng yang tidak stabil atau mudah terjadi gerakan massa tanah dengan nilai Faktor Keamanan (FK) sebesar 0,997 yang menunjukkan bahwa lereng tersebut tidak stabil. maka teknik rekayasa lereng pada daerah penelitian menggunakan pendekatan teknologi dengan menerapkan rekayasa mekanis dan vegetatif, untuk rekayasa mekanis berupa pemotongan lereng berbentuk teras bangku dan rekayasa mekanis berupa pemberian vegetasi, dan pendekatan sosial ekonomi serta pendekatan institusi yang menghasilkan nilai Faktor Keamanan (FK) menjadi 2,049.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Nov 2018 04:35
Last Modified: 28 Aug 2023 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item