PENANGGULANGAN MASALAH PARAFIN PADA LAPANGAN “RBI” DENGAN MENGGUNAKAN HEATER

IMADUDDIN, RAJIVBULLAH (2018) PENANGGULANGAN MASALAH PARAFIN PADA LAPANGAN “RBI” DENGAN MENGGUNAKAN HEATER. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (493kB)

Abstract

Perkiraan kecenderungan terjadinya endapan parafin pada lapangan RBI dipengaruhi oleh karakteristik minyak, penurunan temperatur minyak, penurunan tekanan alir. Dari parameter diatas, di analisa potensi adanya endapan parafin yang terjadi dari wellhead ke manifold, dan dari manifold sampai separator. Dari analisa sifat fisik minyaknya mengalami endapan parafin apabila terjadi penurunan temperatur hingga melewati titik tuang minyak sebesar 98 ºF, maka dari hasil analisa penurunan temperatur pipa alir dari kepala sumur RJV-001, RJV-002, RJV-003, RJV-004, RJV-005, dan RJV-006 lapangan RBI ini belum terjadi endapan parafin dari flowline menuju manifold dengan inlet temperatur terendah menuju manifold sebesar 102,5 ºF. Pada jarak 47 m dari manifold temperatur sudah mencapai 98 ºF, sehingga perlu dilakukan penanggulangan terhadap problem parafin tersebut.
Penanganan endapan parafin pada lapangan RBI yang memiliki panjang header 400 m sampai separator dilakukan dengan pemasangan heater, langkah pertama adalah menentukan letak heater dan langkah berikutnya adalah merancang desain heater yang terpat sesuai kondisi lapangan dan perubahan temperatur yang diinginkan. Tujuan utama adalah mempertahankan panas pada aliran minyak sehingga tetap terjaga di atas temperatur titik tuangnya sehingga minyak tidak mengalami pembekuan dan endapan parafin tidak terbentuk di sepanjang pipa. Rancangan heater yang akan digunakan merupakan perpaduan antara sand heater dan electric heater, dengan desain silica gell yang dicetak melingkari header dan dilapisi instrument electric yang dipasang melingkari silica gell guna memanaskan fluida didalam header.
Dari hasil evaluasi terhadap penanggulangan parafin, dapat disimpulkan bahwa terjadi endapan parafin pada jarak 47 m dari manifold dan heater dipasang 34 meter dari manifold sebagai safety factor. Berikutnya heater dirancang agar dapat meningkatkan fluida menjadi 130 ºF sesuai dengan temperatur tertinggi dikepala sumur untuk mengantisipasi terjadi penguapan yaitu sebesar 130 ºF.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:41
Last Modified: 28 Feb 2024 02:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item