PENGARUH PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada Sentra Industri Kecil Konveksi Mlangi, Gamping, Sleman)

ALEX, ALEX (2018) PENGARUH PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada Sentra Industri Kecil Konveksi Mlangi, Gamping, Sleman). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik supply chain management terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan studi pada sentra industri kecil konveksi Mlangi, Gamping, Sleman. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 UMKM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Variabel praktik supply chain management di ukur dengan beberapa indikator, yaitu kemitraan strategi pemasok, hubungan dengan konsumen, tingkat berbagi informasi, kualitas berbagi informasi, dan postponemen. Keunggulan bersaing di ukur dengan 5 indikator, yaitu, harga, kualitas, pengiriman dapat dipercaya, inovasi produk, time to market. Kinerja perusahaan diukur dengan 2 indikator, yaitu kinerja keuangan, dan kinerja operasional. Hasil penelitian membuktikan adanya hubungan yang positif antara praktik supply chain management terhadapa kinerja perusahaan, praktik supply chain management terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan, dan keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh praktik supply chain management terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci : praktik supply chain management, keunggulan bersaing, kinerja perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:20
Last Modified: 18 Oct 2018 07:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item