REKAYASA KUALITAS PADA KOMPOSISI PEMBUATAN KELINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Usaha Kuningan Rantyo Abadi Godean Yogyakarta)

Reynaldi, Nelson (2018) REKAYASA KUALITAS PADA KOMPOSISI PEMBUATAN KELINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Usaha Kuningan Rantyo Abadi Godean Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kerajinan kuningan banyak terdapat di Yogyakarta. Salah satu nya adalah sentra kuningan Rantyo Abadi yang terletak di Desa Ngawen RT 01 RW 10 Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta. Sentra ini menghasilkan banyak produk yang berbahan dasar kuningan, produk yang sering diproduksi adalah kelinting. Ketidaktepatan dalam penentuan komposisi yang sering dialami pada sentra pengrajin kuningan dikarenakan tidak ada indikator yang jelas dalam mencampurkan bahan baku sehingga lebih sering dengan cara mengira-ngira saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kombinasi komposisi (faktor dan level) yang menghasilkan intensitas suara yang tinggi pada campuran kuningan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mencari faktor dan level dengan menggunakan metode AHP kemudian faktor dan level tersebut dicari yang paling berpengaruh terhadap intensitas suara yang dihasilkan kelinting dengan menggunakan metode Taguchi. Objek pengamatan yang diteliti adalah komposisi bahan baku pembuatan kelinting. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah komposisi kuningan 90%, 94%, dan 98%, komposisi timah putih 2%, 5%, dan 8%, komposisi aluminium 0%, 1%, dan 2%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap intensitas suara berdasarkan persen kontribusi yaitu komposisi aluminium sebesar 31,86%. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah faktor A level 3 yaitu komposisi kuningan 98%, faktor B level 1 yaitu komposisi timah putih 2%, dan faktor C level 3 yaitu komposisi aluminium 2%. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mempertimbangkan penambahan komposisi bahan baku lain yang dapat mempengaruhi intensitas suara pada kelinting dan penambahan karakteristik kualitas selain intensitas suara. Kata kunci : quality, AHP, taguchi, brass alloy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:05
Last Modified: 18 Oct 2018 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item View Item