PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

PUTRI, MAGHFIRA GIMARA IRIANTI (2018) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI DKK.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI DKK.pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI.pdf] Text
FULL-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian kinerja PT
Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Yogyakarta sudah dapat dikatakan baik berdasarkan penerapan elemen-elemen
dalam Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja. Konsep Balanced Scorecard
mengukur kinerja dari empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang terdiri dari
wawancara, pengamatan, kusioner, dokumentasi serta penelitian kepustakaan.
Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengujian data
dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, frekuensi distribusi dengan bantuan
software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perspektif
keuangan yang meliputi : rasio rentabilitas (Return On Investment (ROI), Profit
Margin, dan Operating Ratio) serta rasio aktivitas (Operating Asset Turn Over
dan Fixed Asset Turn Over) dapat dikatakan baik karena dapat memenuhi target
yang dibuat yaitu meningkat 2% pertahun. Sedangkan kinerja perspektif non
keuangan yang terdiri dari perpektif pelanggan, proses bisnis internal serta
pembelajaran dan pertumbuhan memiliki kinerja yang baik.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan,
Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran
dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:01
Last Modified: 21 Jun 2022 03:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item