PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

GIMARA IRIANTI PUTRI, MAGHFIRA (2018) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI DKK.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian kinerja PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sudah dapat dikatakan baik berdasarkan penerapan elemen-elemen dalam Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja. Konsep Balanced Scorecard mengukur kinerja dari empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang terdiri dari wawancara, pengamatan, kusioner, dokumentasi serta penelitian kepustakaan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, frekuensi distribusi dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perspektif keuangan yang meliputi : rasio rentabilitas (Return On Investment (ROI), Profit Margin, dan Operating Ratio) serta rasio aktivitas (Operating Asset Turn Over dan Fixed Asset Turn Over) dapat dikatakan baik karena dapat memenuhi target yang dibuat yaitu meningkat 2% pertahun. Sedangkan kinerja perspektif non keuangan yang terdiri dari perpektif pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan memiliki kinerja yang baik. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:01
Last Modified: 18 Oct 2018 02:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item