KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN PADA TAMBANG BATUGAMPING DI PT. BINTANG MITRA SEJAHTERA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH

WAYOI, BERNADETTA IRINA DONA SOFIA (2018) KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN PADA TAMBANG BATUGAMPING DI PT. BINTANG MITRA SEJAHTERA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Bintang Mitra Sejahtera (PT.BIMA) merupakan perusahaan kontraktor yang dipercaya oleh PT. Sinar Tambang Arthalestari (PT.STAR) untuk melakukan eksploitasi Batugamping yang dimulai pada tahun 2015. Lokasi tambang yang dikerjakan oleh PT. BIMA bertempat di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghitung debit air limpasan, mengkaji dimensi saluran terbuka dan gorong-gorong, mengkaji volume cerukan/sump dan pompa, serta merancang kolam pengendapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, orientasi lapangan, pengambilan data primer meliputi bentuk & dimensi saluran terbuka, dimensi gorong-gorong, bentuk & dimensi cerukan/sump, debit pompa, dan kondisi topografi daerah penelitian, data sekunder meliputi data curah hujan, peta topografi, dan peta geologi, pengolahan data, kajian hasil pengolahan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu curah hujan rencana 134,26 mm/hari, intensitas curah hujan 46,54 mm/jam dengan periode ulang hujan 3 tahun dan resiko hidrologi sebesar 86,83%. Total debit air yang masuk ke dalam Kuari Sawangan Timur adalah sebanyak 2 m3/detik. Dimensi saluran terbuka 1, 2, dan 4 sudah memenuhi syarat dengan debit air limpasan yang masuk sehingga tidak perlu diubah, sedangkan dimensi saluran terbuka 3 perlu diubah karena belum memenuhi syarat dengan debit air limpasan. Berdasarkan kondisi aktual, waktu pengeringan sump dapat lebih cepat tercapai dengan dilakukan peningkatan jam kerja efektif pompa menjadi 20 jam/hari tanpa penambahan jumlah pompa. Diperlukan perubahan dimensi sump agar tidak meluap dengan mempertimbangkan dimensi sump aktual dan kemampuan pompa serta kemampuan alat gali yang digunakan, sehingga diperoleh rekomendasi yaitu p = 61 m, l = 15 m, h = 5 m dengan volume sebesar 4.575 m3. Rekomendasi untuk rancangan kolam pengendapan memiliki volume 2.330 m3 membutuhkan waktu pengerukan setiap 38 hari sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:26
Last Modified: 17 Oct 2018 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item