Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Mata Kuliah "Metodologi Penelitian Komunikasi"

Afifi, Subhan and Tripambudi, Sigit (2007) Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Mata Kuliah "Metodologi Penelitian Komunikasi". Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1). pp. 1-24. ISSN Jurnal "Pembelajaran" No. 01 Vol. 1 Desember 2007, ISSN: 1978-8436, Hal. 1-24

[img]
Preview
Text
STUDENT CENTERED-Subhan Afifi.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Paradigma pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran yang berpusat pada guru/ dosen menjadi pembelajaran yang berpusat pada pembelajar/mahasiswa/siswa. Untuk mengembangkan pembelajaran inovatif pada semester genap TA 2005/2006 diterapkan metode Student Centered Learning pada matakuliah MPK II di junasan ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta. Persoalan yang ingin dijawab melalui aktivitas ini adalah :Bagaimanakah hasil pembelajaran dan pencapaian kompetensimahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian Komunikasi II di jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta bila menggunakan metode Student Centered Learning. Setelah diterapkan selama 1 semester Student Centered Learning terbukti memberikan hasil pembelajaran yang memuaskan. Dari sisi nilai akhir jumlah mahasiswa yang meraih nilai A dan B sangat besar (45,39% dan 40,78%). Jumlah mahasiswa yang meraih nilai C dan D sangat kecil (4,96 % dan 8,87%). Dari sisi kualitas proposal penelitian dan laporan penelitian mahasiswa, secara kualitatif juga mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berbagai topik penelitian yang relatif baru dan menarik dihasilkan oleh mahasiswa. Selain itu dari evaluasi yang diberikan oleh mahasiswa, sebagian besar mahasiswa memberikan penilaian yang positip terhadap berbagai aspek pembelajaran SCL yang telah dilaksanakan, dan mendukung penerapannya di Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY. Penerapan Metode Student Centered Learning dapat meningkatkan pencapaian kompetisi mahasiswa dan memberikan berbagai dampak yang positip terhadap mahasiswa, berupa peningkatan beberapa aspek dalam pembelajaran mahasiswa, yaitu : Motivasi dalam belajar, Keaktifan, Kepercayaan Diri, Penguasaan Materi dan Keterampilan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. M.Si Subhan Afifi
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:24
Last Modified: 18 Oct 2018 04:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item