PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN RETURN SAHAM DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2013-2017)

Istiqomah, Citra Kumala Dewi (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN RETURN SAHAM DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2013-2017). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Judul.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dan return saham melalui kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar dalam LQ45 tahun 2013-2017. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 7 data keuangan ukuran perusahaan yang direfleksikan dengan total aset, kinerja keuangan yang direfleksikan dengan Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), nilai perusahaan yang direfleksikan dengan Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) serta return saham perusahaan perbankan yang terdaftar dalam indeks LQ45 tahun 2013-2017. Sampel penelitian yang digunakan 7 perusahaan Perbankan yang pernah terdaftar dalam indeks LQ45 periode tahun 2013-2017. Kriteria pengambilan sampel dengan purposive sampling. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif dengan teknis analisis Structural Equation Modelling (SEM), kemudian uji t digunakan untuk mengetahui hasil hipotesis. Serta menggunakan pengujian sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung variabel bebas, terhadap variabel terikat, melalui variabel antara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Return Saham perusahaan Perbankan. Kinerja Keuangan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan namun tidak mempengaruhi Return Saham perusahaan Perbankan. Nilai Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Return Saham perusahaan Perbankan. Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan melalui Kinerja perusahaan Perbankan. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Return Saham melalui Kinerja Perusahaan maupun melalui Nilai Perusahaan. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham melaui Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan Perbankan yang terdaftar dalam indeks LQ45 periode tahun 2013-2017. Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Return Saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:12
Last Modified: 15 Oct 2018 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16973

Actions (login required)

View Item View Item