PERHITUNGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT PT. ARGAWASTU KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH

VALENTIN, RIDHO RAMADHAN PUTRA (2018) PERHITUNGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT PT. ARGAWASTU KECAMATAN SLUKE, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. halaman pengesahan.pdf

Download (62MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT Arga Wastu adalah perusahaan dengan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang bergerak pada bidang pertambangan, metode penambangan terbuka quarry system di Desa Sanetan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Pada penambangan batu andesit, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengangkutan material batu andesit oleh alat angkut dari loading point menuju dumping point. Masalah yang dihadapi saat ini adalah adanya rasio bahan bakar berlebih pada bulan terakhir maret 2017, yaitu melebihi maksimal penggunaan 1 ltr/bcm pada alat angkut Hino FM 260TI dan Isuzu FVZ 285PS 34P. Jarak pengangkutan dari loading point menuju Dumping point adalah 1,3 km. Hal yang berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah beban kerja alat, geometri, kondisi jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan material batu andesit menuju dumping point. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, kemiringan jalan angkut masih di bawah dari kemampuan menanjak dari alat angkut yaitu 16,4% untuk Hino FM 260TI dan 15,9% untuk Isuzu FVZ 285PS 34P, tetapi untuk kondisi jalan angkut banyak yang rusak dengan amblasan roda antara 3,5 cm hingga 11 cm. Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Hino FM 260TI adalah 15,89 lt/jam dan 11,52 bcm/jam sedangkan untuk Isuzu FVZ 285PS 34P adalah 15,89 lt/jam dan 12,01 bcm/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat ini adalah 1,38 ltr/bcm untuk Hino FM 260TI dan 1,32 ltr/bcm untuk Isuzu FVZ 285PS 34P. Konsumsi bahan bakar alat angkut Hino FM 260TI dan Isuzu FVZ 285PS 34P berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 15,67 ltr/jam dan 15,81 ltr/jam dan produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 12,3 bcm/jam dan 12,82 bcm/jam, sedangkan untuk produksi seharusnya berdasarkan perhitungan rimpull adalah 13,7 bcm/jam dan 13,81 bcm/jam. Setelah dilakukan perbaikan dengan penambahan material pondasi jalan angkut dengan rekomendasi amblasan roda 2 cm, 4 cm, dan 6 cm, rasio bahan bakar untuk alat angkut HINO FM 260Ti dengan amblasan 2 cm menjadi 0,82 ltr/bcm, amblasan 4 cm adalah 0,93 ltr/bcm, dan amblasan 6 cm adalah 1,11 ltr/bcm. Untuk alat angkut ISUZU FVZ 285PS 34P dengan amblasan 2 cm adalah 0,80 ltr/bcm, amblasan 4 cm adalah 0,94 ltr/bcm, dengan amblasan 6 cm adalah 1,1 ltr/bcm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:51
Last Modified: 15 Oct 2018 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16969

Actions (login required)

View Item View Item