ANALISIS USAHA PEMBIBITAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DAN JAMUR KUPING (Auricularia auricula) DI RUMAH JAMUR (Studi Kasus pada “Rumah Jamur” di Desa Genengsari, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman)

ERDIAN, ALANDA FADHEL (2018) ANALISIS USAHA PEMBIBITAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DAN JAMUR KUPING (Auricularia auricula) DI RUMAH JAMUR (Studi Kasus pada “Rumah Jamur” di Desa Genengsari, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of ALANDA-FADHEL-ERDIAN-135110029-SKRIPSI-INDAH-WIDOWATI.pdf] Text
ALANDA-FADHEL-ERDIAN-135110029-SKRIPSI-INDAH-WIDOWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keuntungan yang diperoleh dari usaha pembibitan jamur tiram dan jamur kuping di Rumah Jamur, 2) menganalisis kelayakan usaha pembibitan jamur tiram dan jamur kuping di Rumah Jamur, 3) menganalisis trend volume produksi jamur tiram dan jamur kuping di Rumah Jamur Desa Genengsari, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif, dan metode pelaksanaan adalah studi kasus. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis Keuntungan, analisis Profit Rate, dan analisis Trend. Hasil dari penelitian ini adalah 1) keuntungan dari pembibitan jamur tiram adalah Rp.17.846.281 perbulan, sedangkan untuk jamur kuping adalah Rp.9.771.781 perbulan, 2) Secara finansial usaha pembibitan jamur tiram dan jamur kuping di Rumah Jamur Genengsari layak diusahakan, dengan nilai profit rate pada usaha jamur tiram sebesar 87% dan usaha jamur kuping sebesar 64%, 3) Trend volume produksi jamur tiram di Rumah Jamur Genengsari cenderung tetap, dan Trend volume produksi jamur kuping di Rumah Jamur Genengsari mengalami peningkatan secara signifikan.
Kata Kunci: Keuntungan, Kelayakan, Analisis Trend.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:36
Last Modified: 13 Jun 2022 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item View Item