ALOKASI SUBKONTRAK SABLON KAOS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MUTU PRODUK DAN BIAYA SUBKONTRAK MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus di PT Aseli Dagadu Djokdja)

Kristania, Trisnawati (2018) ALOKASI SUBKONTRAK SABLON KAOS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MUTU PRODUK DAN BIAYA SUBKONTRAK MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus di PT Aseli Dagadu Djokdja). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Aseli Dagadu Djokdja merupakan perusahaan di Yogyakarta yang bergerak dalam bidang Industri kreatif dengan berbagai macam produk dengan merek “Dagadu”. Produk yang sangat populer di Yogyakarta yaitu kaosnya. Banyaknya peminat produk kaos dagadu berdampak pada permintaan yang melebihi kapasitas produksi perusahaan. Untuk mengatasi persoalan tersebut diatas, PT Aseli Dagadu Djokdja memiliki beberapa vendor sebagai mitra kerja. Kepada para vendor tersebutlah PT Aseli Dagadu Djokdja melakukan subkontrak. Selama ini dalam melakukan subkontrak PT Aseli Dagadu Djokdja hanya berdasarkan hubungan baik dengan vendor. Hal ini menyebabkan pemesanan subkontrak menjadi kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengalokasikan subkontrak masing-masing produk untuk setiap vendor dengan mempertimbangkan mutu produk dan biaya subkontrak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Goal Programming dengan variabel keputusan berupa bilangan integer karena satuan produk berupa potong kain. Goal Programming adalah salah satu metode matematis dengan pendekatan dasar mencari solusi yang meminimasi jumlah deviasi dari setiap fungsi tujuan dengan sasarannya masing-masing. Perhitungan dilakukan dengan bantuan software LINDO versi 6.1. Usulan kuantitas pemesanan subkontrak produk 1 dialokasikan ke vendor 1 sebanyak 517 potong, vendor 2 sebanyak 90 potong, dan vendor 3 sebanyak 348 potong. Untuk produk 2 dialokasikan ke vendor 1 saja sebanyak 166 potong. Sedangkan produk 3 dialokasikan ke vendor 5 sebanyak 42 potong. Usulan tersebut sudah optimal dengan memperhatikan fungsi tujuan yang ditetapkan yaitu minimasi produk reject dan minimasi biaya subkontrak. Serta alokasi tersebut sudah maksimal sesuai jumlah target produk yang akan diproduksi. Penelitian ini dapat dikembangkan guna penelitian lebih lanjut untuk kasus alokasi subkontrak dengan memperhatikan batas minimal order dari setiap vendor. Kata kunci: goal programming, alokasi subkontrak, kriteria jamak, multi produk

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:30
Last Modified: 12 Oct 2018 07:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item