PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN DENGAN ATURAN PRIORITAS EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN SHORTEST PROCESSING TIME (SPT) (Studi kasus di RECKLEZZ, Yogyakarta)

Kurniawan, Atmaka Yonni (2018) PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN DENGAN ATURAN PRIORITAS EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN SHORTEST PROCESSING TIME (SPT) (Studi kasus di RECKLEZZ, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan pesanan dengan tepat waktu menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produsen, dimana dalam perencanaan jadwal produksi di perusahaan menjadi modal awal untuk memenuhi ketepatan waktu pengiriman produk tersebut. RECKLEZZ adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang konveksi dan sablon yang berproduksi sesuai dengan permintaan pesanan. Keterlambatan pengiriman sering terjadi dikarenakan adanya metode penjadwalan yang kurang tepat. RECKLEZZ harus memberikan biaya pinalti berupa pengurangan harga yang sudah disepakati pada awal perjanjian. Penelitian ini bertujuan untuk membuatkan jadwal pesanan dengan waktu kedatangan order yang bersifat dinamis untuk meminimasi lateness dan tardiness, agar tidak terkena biaya pinalti. Penjadwalan yang digunakan mengacu pada model aturan prioritas Earliest Due Date (EDD) dan Shortest Processing Time (SPT). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa mean tardiness pada bulan Januari dan Februari 2018 dapat diminimalisir bahkan dihilangkan ketika menggunakan penjadwalan yang diusulkan. Mean tardiness pada penjadwalan aktual sebesar 1,956 pada bulan Januari dan 2,304 pada bulan Februari, sedangkan ketika menggunakan penjadwalan usulan mean tardiness menjadi 0. Kata kunci: Penjadwalan dinamis, Make to Order, Minimasi Mean Tardiness, Earliest Due Date (EDD), Shortest Processing Time (SPT).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:09
Last Modified: 12 Oct 2018 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item