KAJIAN TEKNIS FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DAN DURASI KERJA ROCK BREAKER PADA PRIMARY CRUSHER DI PIT BATU HIJAU PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA, SUMBAWA BARAT, NTB

ANDREANO, ANDREANO (2018) KAJIAN TEKNIS FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DAN DURASI KERJA ROCK BREAKER PADA PRIMARY CRUSHER DI PIT BATU HIJAU PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA, SUMBAWA BARAT, NTB. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of LEMBARAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBARAN PENGESAHAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMNT) merupakan sebuah perusahaan tambang bijih tembaga dan emas. Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka (Surface mining / Open pit). Kegiatan pembongkaran bahan galian di PT. AMNT menggunakan metode pengeboran dan peledakan. Material hasil peledakan (broken muck) dimuat oleh Shovel ke Dump Truck untuk dimasukkan ke kantung penyimpanan sementara (Dump Pocket) yang berada tepat di atas Primary Crusher. Masalah yang muncul di Primary Crusher adalah ketika broken muck menyebabkan Primary Crusher tidak bekerja dengan optimal. Pada saat broken muck berada di Dump Pocket sering dijumpai Rock Breaker bekerja agar broken muck dapat masuk ke dalam Primary Crusher. Berdasarkan data yang didapat, ketika Rock Breaker bekerja produksi Primary Crusher lebih rendah daripada saat Rock Breaker tidak bekerja.
Geometri peledakan yang digunakan saat penelitian menghasilkan ukuran sebesar 29,91cm untuk domain peledakan 2 dan 35,65cm untuk domain peledakan 9 dan dengan pengaturan Gape pada Primary Crusher 13,97cm. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai hubungan ukuran fragmen hasil peledakan terhadap Rock Breaker bekerja dan mendesain geometri peledakan yang menghasilkan fragmen batuan sehingga tidak diperlukan bantuan Rock Breaker dengan acuan CookBook Revisi Mei 2015.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan fragmentasi hasil peledakan dengan durasi kerja Rock Breaker berbanding lurus. Semakin tinggi nilai fragmentasi hasil peledakan maka durasi kerja Rock Breaker ikut meningkat.
Geometri peledakan Domain 2 agar tidak diperlukan bantuan Rock Breaker yaitu dengan spasi 6,75m dan burden 5,57m dengan estimasi fragmentasi sebesar 14,51cm.
Geometri peledakan Domain 9 agar tidak diperlukan bantuan Rock Breaker yaitu dengan spasi 6,20m dan burden 4,94m dengan estimasi fragmentasi sebesar 23,81cm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Oct 2018 01:58
Last Modified: 21 Sep 2023 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item View Item