HAMBATAN KERJASAMA SISTER CITY YOGYAKARTA – KYOTO DALAM BIDANG PERTANIAN (2010 - 2018)

WAHAT, YOAKIM CHANDRA PURNAMA BATA (2018) HAMBATAN KERJASAMA SISTER CITY YOGYAKARTA – KYOTO DALAM BIDANG PERTANIAN (2010 - 2018). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER Skripsi.pdf]
Preview
Text
COVER Skripsi.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN .pdf]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FINAL.pdf] Text
SKRIPSI-FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Istilah sister city diperkenalkan pertama kali oleh Dwight Eisehower pada abad XII, yang berarti kota bersaudara. Konsep sister city bermaksud untuk memaksimalkan hubungan antara anggota masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk menciptakan dan memelihara perdamaian. Sister city Yogyakarta - Kyoto telah berhasil membangun citra positif dan berlangsung awet hingga hubungan kedua daerah ini memasukki usia 33 tahun pada 2018 kini.
Dalam kerjasama sister city Yogyakarta – Kyoto, ada beberapa bidang penting yang dikerjasamakan diantaranya adalah, bidang pendidikan, bidang kebudayaan, bidang pariwisata, dan bidang pertanian. Dari keseluruhan bidang kerjasama tersebut, bidang pertanian merupakan bidang yang paling minim eksekusinya. Padahal ketika awal digagasnya sister city Yogyakarta - Kyoto ini, kerjasama bidang pertanian turut pula menjadi item kerjasama melalui pelaksanaan transfer teknologi pertanian, budidaya hortikultura, pertukaran tenaga ahli dan teknik pertanian. Hanya saja setelah tahun 2002, kerjasama bidang pertanian kembali vakum dan tidak lagi dioptimalkan melalui pembaharuan MoU kerjasama kedua daerah ini hingga tahun 2010.
Pada perkembangan berikutnya, yakni pada 20 Oktober 2010 dan pada 29 Agustus 2015 kerjasama sister city Yogyakarta Kyoto secara khusus dalam bidang pertanian kembali digalakkan dalam persetujuan Reaffirmation of The Sister Agreement Between Yogyakarta Special Region, Republic of Indonesia, and Kyoto Perfecture, Japan, atau Persetujuan Penegakkan Kembali Kerja sama antara kedua Provinsi. Kerjasama bidang pertanian ini dikukuhkan melalui Letter of Intent. Akan tetapi, kesepakatan kerjasama tersebut tidak diimplementasi dan ditindaklanjuti karena hambatan – hambatan massif yang ditemui dalam pelaksanaan kerjasama kedua daerah tersebut secara khusus dalam bidang pertanian.
Kata Kunci : Sister city, Reaffirmation, Letter of intent, MoU

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sister city, Reaffirmation, Letter of intent, MoU
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:59
Last Modified: 02 Aug 2022 03:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item