TEKNIK PEMODELAN KELERENGAN UNTUK LAHAN PERMUKIMAN DI DUSUN TILENG, DESA SANGGANG, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH

Samosir, Tri Richardo (2018) TEKNIK PEMODELAN KELERENGAN UNTUK LAHAN PERMUKIMAN DI DUSUN TILENG, DESA SANGGANG, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

INTISARI Dusun Tileng, Desa Sanggang merupakan kawasan yang memiliki tingkat kerawanan bencana tanah longsor yang tinggi. Kondisi topografi yang sangat terjal dan terjal dengan material lereng berupa tanah dan batuan yang sangat lapuk sehingga daerah ini rawan terhadap bencana gerakan massa tanah dan atau batuan atau yang sering disebut tanah longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai faktor keamanan (FK) lereng dan menentukan pemodelan kelerengan akibat pengaruh gerakan massa tanah dan atau batuan yang disebabkan oleh ketidakstabilan lereng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pemetaan lapangan, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, uji laboratorium, metode fellinius, dan deskriptif kualitatif. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah data curah hujan, kemiringan lereng, tanah, sifat fisik dan mekanik tanah (kadar air, berat isi, sudut geser dalam dan kohesi), batuan, laju infiltrasi dan penggunaan lahan. Hasil penelitian menunjukan Dusun Tileng memiliki tingkat kerawanan gerakan massa tanah yaitu tinggi. Faktor keamanan pada lereng yang sudah mengalami gerakan massa tanah dan atau batuan ini termasuk dalam kelas lereng tidak stabil (kritis), yang ditunjukan dengan nilai faktor keamanan pada lereng 1 adalah 0,819 sedangkan lereng 2 sebesar 0,390 dengan tipe longsoran tersebut yaitu debris flow. Konsep pengelolaan untuk daerah ini yaitu dengan mengubah geometri lereng dengan pembuatan trap (benching), pembuatan drainase, penanaman vegetasi menggunakan durian serta penanaman rumput vetiver atau akar wangi (Vetiveria zizaniode). Perlunya pendekatan sosial kepada masyarakat yang ada di daerah penelitian serta peran pemerintah untuk pengelolaan daerah rawan gerakan massa tanah dan atau batuan. Kata Kunci: Gerakan massa, Kestabilan lereng, Metode fellinius, Faktor Keamanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:41
Last Modified: 11 Oct 2018 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item