PENENTUAN PENGELOMPOKAN LOKASI PARKIR MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Sanusi, Irfan (2018) PENENTUAN PENGELOMPOKAN LOKASI PARKIR MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Tugas-Akhir.pdf] Text
Tugas-Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman merupakan badan pemerintah daerah yang menangani masalah retribusi perparkiran di wilayah Kabupaten Sleman. Besarnya penentuan retribusi parkir dari Dishub Kominfo kepada pengelola parkir masih menggunakan asas kekeluargaan, dimana kedua belah pihak masih berunding untuk mencapai kata sepakat. Permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan parkir adalah sering terjadinya tunggakan pembayaran oleh pengelola parkir yang disebabkan tidak menentunya jumlah kendaraan yang parkir setiap bulannya.
Penelitian ini mengelompokkan lokasi parkir berdasarkan kriteria jumlah kendaraan setiap bulan, luas lahan parkir, dan jumlah jam beroperasi parkir dalam satu hari. Penelitian diawali dengan pengamatan pada lokasi-lokasi parkir yang ada di Jl. Affandi, Gejayan. Hasil pengamatan kemudian dilakukan pengklasteran menggunakaan algoritma K-Means untuk mengetahui pengelompokan lokasi-lokasi parkir. Pengelompokan juga dilakukan menggunakan software SPSS untuk membandingkan hasilnya dengan algoritma K-Means.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis hasil, pengelompokan dengan algoritma K-Means menghasilkan 1 lokasi termasuk cluster ke-1, 10 lokasi termasuk cluster ke-2, dan 19 lokasi termasuk cluster ke-3. Algoritma K-Means dapat melakukan pengelompokan dalam jumlah yang banyak, akan tetapi belum efisien dalam mengelompokkan suatu data secara tepat.
Kata kunci: Parkir, retribusi parkir, K-Means clustering

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:27
Last Modified: 29 Dec 2022 06:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item