“ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2017” (Studi di Pemerintah Daerah kota Yogyakarta)

Hutahaean, Intan Permatasari (2018) “ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2017” (Studi di Pemerintah Daerah kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pajak restoran yang sebenarnya dimiliki di Kota Yogyakarta, tingkat efektivitas pajak restoran serta kontribusi pajak restoran yang ada di Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh restoran yang ada di Kota Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari Badan Keuangan dan Aset Daerah, dan data primer yang didapatkan dari hasil observasi langsung pada restoran. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling berdasarkan kriteria yang dipilih. Teknik analisis menggunakan analisis perhitungan potensi pajak restoran, analisis perhitungan efektivitas pajak restoran dan analisis perhitungan kontribusi pajak restoran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Perbandingan antara potensi pajak restoran dengan realisasi penerimaan pajak restoran dalam jangka waktu lima tahun dari tahun 2013-2017 terdapat selisih yang besar, dengan potensi pajak restoran sebesar Rp. 152.489.350.312 dan realisasi penerimaan pajak restoran sebesar Rp. 152.087.604.835, maka pemerintah daerah kehilangan potensi sebesar Rp 1.401.745.477. Tingkat efektivitas pajak restoran berdasarkan potensi pajak restoran pada tahun 2015 dan tahun sebelumnya dapat dikatakan belum “Efektif” karena selisih realisasi dan potensi pajak restoran yang ada cukup besar, berbeda dengan tahun 2016 dan 2017 selisih antara realisasi dan potensi yang ada tidak terlalu jauh sehingga tingkat efektivitasnya dapat dikatakan efektif. Tingkat efektivitas pajak restoran berdasarkan target pajak pada tahun 2013-2017 menunjukkan presentase angka lebih dari 100% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Sedangkan kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah Kota Yogyakarta tahun 2013-2017, dengan tingkat kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah di Kota Yogyakarta sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah daerah menununjukkan presentase angka lebih dari 4% dengan kriteria “Sangat Berkontribusi”, sehingga dapat disimpulkan bahwa kontribusi pajak restoran memberikan kontribusi yang besar pula untuk pendapatan asli daerah di Kota Yogyakarta. Kata kunci: Analisis Potensi, Efektivitas, Kontribusi, Pajak Restoran, Pendapatan Asli Daerah Kota Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:19
Last Modified: 10 Oct 2018 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item View Item