“GEOLOGI DAN PENENTUAN ZONA PROSPEK LAPISAN PERMATA, FORMASI CIBULAKAN ATAS, LAPANGAN “MATA”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA.”

ISMAN, PERMATA DZULHIJJAH (2018) “GEOLOGI DAN PENENTUAN ZONA PROSPEK LAPISAN PERMATA, FORMASI CIBULAKAN ATAS, LAPANGAN “MATA”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA.”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian berada pada interval Formasi Cibulakan Atas di Lapisan Permata, Cekungan Jawa Barat Utara dengan luas ± 223 km2 . Metode penelitian menggunakan analisis petrofisik dan lingkungan pengendapan dengan sumber data diantaranya wireline log, core, mudlog. Data log digunakan sebagai dasar dalam pembuatan perhitungan nilai property reservoir yang kemudian dikorelasikan terhadap kerangka stratigrafi untuk mengetahui persebarannya. Secara litostratgrafi daerah penelitian disusun dari tua ke muda oleh satuan batugamping baturaja, satuan batulempung cibulakan atas, satuan batupasir cibulakan atas. Dimana penelitian difokuskan pada satu lapisan Permata dengan litologi penyusun Batupasir Cibulakan Atas. Litologi Lapisan Permata terdiri dari batupasir dengan ciri-ciri nilai log gamma ray berkisar 18.41 – 84.07 API, log deep resistivity berkisar 0.35 – 7.18 Ohmm, Log neutron berkisar 0.3 – 0.5 v/v, dan log PEF berkisar 3.3 – 6.7 b/e. Berdasarkan analisa kuantitatif didapatkan nilai volume shale 8,843% dengan nilai porositas efektif yang baik, nilai permeabilitas yang merupakan kelas baik. Pada lapisan ini menunjukan adanya cross over kurva log neutron dan log densitas sebagai indikasi adanya kandungan hidrokarbon, maka dari itu Lapisan Permata cukup menarik ntuk diteliti lebih lanjut. Analisis elektrofasies pada data log menunjukan fasies yang berkembang pada Lapisan Permata adalah fasies Estary Mouth Sandstone pada lingkungan pengendapan Tidal Bar. Lapisan yang berpotensi sebagai batuan reservoir pada daerah penelitian yaitu Mata-2 terdapat pada interval 5004 feet – 5025 feet dengan ketebalan 21 feet. Lapisan Mata-3 terdapat pada interval 5218 feet – 5238 feet dengan ketebalan 20 feet. Lapisan Mata-4 terdapat pada interval 5342 feet – 5362 feet dengan ketebalan 20 feet. Batupasir Lapisan Permata menunjukkan persebaran lapisan tipis berada di Barat Laut dan semakin menebal kea rah Tenggara. Kata Kunci : Formasi Cibulakan Atas, property reservoir, batuan reservoir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:51
Last Modified: 10 Oct 2018 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16876

Actions (login required)

View Item View Item