GEOLOGI DAN STUDI LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI KEREK DAERAH KEDUNG LENGKONG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SIMO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH

TORRY, PERIDOTIT BOY SULE (2018) GEOLOGI DAN STUDI LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI KEREK DAERAH KEDUNG LENGKONG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SIMO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN CAP.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian Secara administrasi terletak di daerah Kedung Lengkong dan sekitarnya, Kecamatan Simo , Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis terletak di koordinat UTM X: 466000-471000 dan Y :9180000–9185000 UTM (Universal Transverse Mercator) . Secara administrasi meliputi daerah Kedung Lengkong dan sekitarnya, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Bagian utara dari daerah penelitian dibatasi oleh Banyu Urip, disebelah timur dibatasi oleh Desa Andong, disebelah barat dibatasi oleh Desa Karanggede, dan disebelah selatan dibatasi oleh Desa Simo. Luas daerah telitian adalah 25 km2 Berdasarkan aspek-aspek geomorfologi, maka daerah penelitian dapat dibagi menjadi tiga subsatuan geomorfik yaitu: perbukitan struktural (S1), lembah struktural (S2), dataran aluvial (F1). Pola pengaliran yang berkembang pada daerah telitian adalah Subdendritik . Daerah penelitian memiliki lima satuan litostratigrafi tidak resmi dengan urutan dari tua ke muda sebagai berikut:Satuan batupasir tuffan Kerek ( Miosen Tengah ) Satuan batupasir karbonatan Kerek (Miosen Tengah -Akhir), Satuan batulempung karbonatan Kerek (Miosen Akhir), Satuan breksi Notopuro (Plistosen), Satuan Endapan aluvial (Holosen). Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian terdiri dari antiklin Kedung Lengkong , yang merupakan hasil pengaruh tektonik kompresi dengan tegasan berarah utaraselatan yang berlangsung pada kala Pliosen. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan, analisa umur relatif, kedalaman, petrografi, kalsimetri, profil di 4 lokasi, dan measuring section pada formasi Kerek disimpulkan bahwa lingkungan pengendapan Satuan Batupasir Tuffaan adalah berada pada fasies smooth portion Lobes Satuan batupasir karbonatan kerek adalah pada lingkungan Kipas bawah laut dengan mekanisme arus turbidit pada Sub-lingkungan Middle fan yaitu pada fasies “Smooth portion of suprafan lobes”(Walker, 1978). Sedangkan Satuan batulempung karbonatan Kerek di daerah penelitian diendapkan pada lingkungan Kipas bawah laut dengan mekanisme arus turbidit pada“Lower Fan”(Walker, 1978).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:29
Last Modified: 10 Oct 2018 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item