INDEKS KUALITAS TANAH PADA BERBAGAI PENGGUNAAN LAHAN DAN KEMIRINGAN LERENG DI DESA MERTELU, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Muslim, Muhammad Yusuf (2018) INDEKS KUALITAS TANAH PADA BERBAGAI PENGGUNAAN LAHAN DAN KEMIRINGAN LERENG DI DESA MERTELU, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tanah sangat berperan penting dalam kehidupan semua makhluk hidup. Tanah dapat mengalami degradasi ditandai dengan kualitas tanah menurun dan tidak optimalnya fungsi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan kualitas tanah pada beberapa macam penggunaan lahan dengan berbagai kemiringan lereng di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengambilan sampel tanah secara purposif. Sampel tanah diambil berdasarkan peta satuan lahan dan diambil dari lapisan olah setiap lokasi. Sifat tanah yang diamati yaitu tekstur tanah, berat volume, berat jenis, porositas, pH H2O, C organik, N total, N tersedia, K tersedia dan P tersedia. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis kualitas tanah dengan identifikasi secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kualitas tanah tertinggi pada lahan semak belukar kemiringan lereng curam dan diikuti lahan kebun kemiringan curam dengan kriteria kualitas tanah sedang, serta terendah pada lahan tegalan kemiringan lereng curam dengan kriteria kualitas tanah rendah. Perbedaan sifat-sifat tanah di Desa Mertelu dipengaruhi oleh perbedaan penggunaan lahan dan kemiringan lereng. Kata Kunci: Indeks Kualitas Tanah, Penggunaan Lahan, Kemiringan Lereng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:25
Last Modified: 10 Oct 2018 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item