KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MANGAIN BORU (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Antarbudaya Etnik Batak dan Etnik Jawa Dalam Praktek Mangain Boru di Dusun Nandan, Yogyakarta)

Saragih, Layari Elisabet (2018) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MANGAIN BORU (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Antarbudaya Etnik Batak dan Etnik Jawa Dalam Praktek Mangain Boru di Dusun Nandan, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberagaman kebudayaan Indonesia sangat tampak dan dilihat dari macammacam bentuk kebiasaan atau tradisi daerah masing-masing etnik. pernikahan etnik adalah tidak dapat dihindari karena interaksi yang terjadi antara penduduk asli yang merupakan Orang Jawa dengan populasi pendatang, khususnya etnik Batak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antarbudaya yang terjadi pada praktek mangain boru dalam pernikahan campuran antara dan orang Jawa dan Batak di Dusun Nandan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori simbolik, Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dalam menganalisis data dan dilengkapi dengan teknik triangulasi sumber untuk validitas data. Objek penelitian ini adalah lima pasangan yang melakukan pernikahan campuran orang Jawa dan Batak di Dusun Nandan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antarbudaya dapat mapan dan efektif di antara lima pasangan. Dalam penelitian ini, sang suami memainkan perannya sebagai komunikator sementara istri sebagai komunikan. Dalam pernikahan etnik Batak dan etnik Jawa, masing-masing pasangan memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia berkomunikasi satu sama lain. Ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman. Perbedaan dalam komunikasi yang terjadi menimbulkan efek yang berbeda pada setiap pasangan yang melakukan pernikahan campuran orang Batak dan Jawa. Kata Kunci: Komunikasi Antarbudaya, Praktek Mangain Boru, Pernikahan campuran Batak dan Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:48
Last Modified: 09 Oct 2018 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item