RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CAISIM (Brassica juncea L.) AKIBAT PEMBERIAN MACAM PUPUK ORGANIK CAIR SERTA MEDIA TANAM

Suwasono, Dwi (2018) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CAISIM (Brassica juncea L.) AKIBAT PEMBERIAN MACAM PUPUK ORGANIK CAIR SERTA MEDIA TANAM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PDF.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PDF.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh macam pupuk organik cair dan macam media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Caisim (Brassica juncea L.). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk percobaan lapangan yang dilakukan di Kebun Bibit Hortikultura Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Waktu pelaksanaan dimulai pada bulan Maret sampai April 2018. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktorial. Faktor pertama tanpa pupuk (P0) pupuk organik cair urin kelinci (P1) dan pupuk organik cair urin sapi (P2). Faktor kedua adalah media tanam ; arang sekam : tanah (0,5 : 1) (M1), arang sekam : tanah (1 : 1) (M2), arang sekam : tanah (1,5 : 1) (M3). Penelitian ini memiliki 9 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali dan menggunakan 324 tanaman caisim. Analisis dengan keragaman pada jenjang nyata 5% dan dilakukan uji lanjut berdasarkan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT). Parameter yang diamati meliputi : tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, berat basah tanaman, berat ekonomis dan berat kering tanaman yang akan diambil pada saat panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata pada perlakuan macam pupuk organik cair urin kelinci (P1) dengan macam media tanam arang sekam : tanah = 1,5 : 1 (M3) pada parameter jumlah daun 25 hari setelah tanam dengan hasil rerata tertinggi perlakuan pupuk organik cair urin kelinci 21,48 helai dan pada perlakuan media tanam tertinggi 20,52 helai. Pada parameter luas daun terdapat pengaruh nyata pada perlakuan pupuk organik cair urin kelinci (P1) dengan rerata tertinggi 260,81 cm2. Kata kunci : pupuk organik cair, media tanam, dan tanaman Brassica juncea L.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:55
Last Modified: 09 Oct 2018 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16814

Actions (login required)

View Item View Item