KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANGGOTA SEPEDA ONTHEL DALAM MEMPERTAHAKAN BUDAYA JAWA GUYUB (Studi Deskriptif tentang Komunitas Onthel Demangan Baru Yogyakarta)

Ardhiatama, Arya (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANGGOTA SEPEDA ONTHEL DALAM MEMPERTAHAKAN BUDAYA JAWA GUYUB (Studi Deskriptif tentang Komunitas Onthel Demangan Baru Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover-converted.pdf]
Preview
Text
Cover-converted.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI-converted.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI-converted.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Onthelis merupakan sebutan untuk orang – orang yang menggemari sepeda onthel. Kegemaran akan sepeda onthel terlihat dari cara onthelis memperlakukan sepeda onthelnya. Komunitas adalah wadah yang menampung para pecinta sepeda onthel. Kesabaran dan ketelitian dalam merawat sepeda onthelnya menjadi nilai lebih orang – orang yang berpartisipasi dalam komunitas onthel. Salah satu komunitas sepeda onthel yang ada di Yogyakarta adalah komunitas Onthel Demangan Baru. Penelitian ini didasari atas ketertarikan pada penerapan nilai-nilai budaya guyub dalam keseharian anggota komunitas ini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal anggota dalam mempertahankan budaya guyub. Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Komunikasi Interpersonal dari Joseph A. DeVito. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh komunitas Onthel Demangan Baru. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data berupa perspektif atau pandangan dari anggota komunitas mengenai komunikasi interpersonal dan kegiatan lain dalam komunitas Onthel Demangan Baru. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunitas Onthel Demangan Baru berusaha menciptakan komunikasi interpersonal yang efektif sesuai dengan teori dari DeVito dan mewujudkan nilai-nilai budaya guyub dalam komunitas, namun karena permasalahan waktu dan kurangnya pemanfaatan media komunikasi online, hasil yang didapat masih belum optimal dan masih perlu peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini, kegiatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh komunitas Onthel Demangan Baru sudah cukup berhasil dalam mempertahankan nilai-nilai budaya guyub, hanya saja masih belum maksimal sehingga perlu ditingkatkan lagi.
Kata Kunci: Komunitas Onthel, Komunikasi Interpersonal, Budaya Guyub.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Onthel, Komunikasi Interpersonal, Budaya Guyub.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:18
Last Modified: 06 Mar 2024 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item