GEOLOGI DAN VULKANOSTRATIGRAFI LERENG SELATAN GUNUNG MERAPI, DAERAH KALI GENDOL DAN SEKITARNYA, KECAMATAN CANGKRINGAN , KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAMADHANI, NUR FADHILAH (2018) GEOLOGI DAN VULKANOSTRATIGRAFI LERENG SELATAN GUNUNG MERAPI, DAERAH KALI GENDOL DAN SEKITARNYA, KECAMATAN CANGKRINGAN , KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada di daerah Kali Gendol dan sekitarnya, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan koordinat UTM (Universal Transverse Mecator) 437500-441500 mE dan 9150000-9156000 mN. Daerah penelitian termasuk lereng selatan G. Merapi. Kali Gendol merupakan salah satu jalur aliran lahar pada lereng selatan G. Merapi. Aliran lahar pada Kali Gendol adalah dampak dari bahaya sekunder gunungapi yang disebut dengan lahar hujan. Material piroklastik yang terendapkan pada daerah hulu berpotensi menjadi banjir lahar saat terjadi hujan. Hujan pada daerah hulu memicu pergerakan dari material piroklastik menjadi lumpur yang mempunyai berat jenis tinggi yang bergerak menuruni lereng (Hadmoko, 2015).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil erupsi G. Merapi dengan aspek geomorfologi, geologi, karakteristik litologi, vulkanostratigrafi, fasies gunungapi dan potensi geologi. Metode yang digunakan adalah metode pemetaan geologi berbasis field check.
Pola pengaliran yang terdapat di daerah penelitian yaitu parallel. Geomorfologi daerah telitian terdiri atas Satuan Lembah Vulkanik (V1) dan Lereng Vulkanik Bawah (V2).
Stratigrafi daerah penelitian dari tua ke muda terdiri atas Satuan Endapan Aliran Piroklastik Merapi Muda (Map1), Satuan Endapan Aliran Piroklastik Merapi Baru (Map2) dan Satuan Endapan Lahar Merapi Baru (Mlh). Semua satuan endapan tersebut memiliki umur geologi Holosen dengan inisial dip relatif ke arah selatan (sesuai dengan arah kemiringan lereng gunungapi pada daerah penelitian).
Fasies gunungapi daerah penelitian terdiri atas Fasies Medial dengan litologi endapan piroklastik dan lahar.
Potensi geologi positif daerah penelitian yaitu tambang pasir dan batu dan potensi geologi negatifnya adalah gerakan tanah.
Kata Kunci: Geomorfologi, Fasies Gunungapi, Vulkanostratigrafi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:31
Last Modified: 09 Aug 2023 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item