GEOLOGI DAN VULKANOSTRATIGRAFI DAERAH LERENG SELATAN GUNUNG MERAPI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

NEGARA, WAHYU SURYA (2018) GEOLOGI DAN VULKANOSTRATIGRAFI DAERAH LERENG SELATAN GUNUNG MERAPI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN NEW.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Secara administrasi lokasi penelitian terletak di daerah Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Secara koordinat UTM terletak pada (Universal Transverse Mercator) daerah telitian terletak pada: 445500mE - 450500mE dan 9150000mN - 9156000mN dengan luas daerah telitian 30 km². Melalui pendekatan berbagai unsur morfologi yang ada dilapangan serta didukung oleh peneliti sebelumnya, yakni menurut Van Zuidam, 1983, penulis membagi daerah telitian menjadi satu satuan bentuk asal, yaitu: bentuk asal Vulkanik. Berdasarkan satu satuan bentuk asal diatas, penulis membagi satuan bentuk asal menjadi tiga satuan geomorfik, yaitu: Lereng Vulkanik Bawah (V2), dan Lembah Vulkanik (V3). Berdasarkan pengamatan secara langsung di lapangan serta interpretasi peta geologi dengan melihat pola pengaliran dan merujuk pada klasifikasi pola pengaliran maka dapat disimpulkan bahwa pola pengaliran sungai yang berkembang pada daerah penelitian adalah pola pengaliran parallel yang mencerminkan bahwa daerah penelitian memiliki resistensi batuan yang sama dan topografi lapisan sedimen horizontal atau miring dan dikategorikan sebagai stadia geomorfologi dewasa. Hal ini diakibatkan oleh erosi lateral dan erosi vertikal berjalan secara seimbang dan proses sedimentasinya berjalan hingga sekarang. Biasanya memiliki relief gelombang dan daratan miring dengan lembah besar dan dalam. Geologi daerah penelitian terdiri dari satuan Endapan Piroklastik Deles, satuan Endapan Lahar Gondang, dan satuan Endapan Lahar Sungai Logede. Fasies yang ada pada daerah penelitian berupa Fasies Medial (Bogie & Mackanzie, 1998) yang diendapkan pada lingkungan Darat - Gunungapi. Berdasarkan dari posisi relatif terhadap sumber dan karakteristik litologinya penulis membagi daerah penelitian menjadi lima bagian fasies medial, yaitu :Fm1 (Merapi Dewasa), Fm2(Merapi Muda), dan Fm3 (Merapi Baru 2010).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:41
Last Modified: 05 Oct 2018 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item