MITIGASI BENCANA GERAKAN MASSA TANAH DI AREA PERMUKIMAN DESA BLIMBING, KECAMATAN MOJO, KABUPATEN KEDIRI, PROVINSI JAWA TIMUR

Ramadhan, Iqbal Hanif Pratama (2018) MITIGASI BENCANA GERAKAN MASSA TANAH DI AREA PERMUKIMAN DESA BLIMBING, KECAMATAN MOJO, KABUPATEN KEDIRI, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Desa Blimbing yang berada di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur termasuk kedalam daerah rawan bencana gerakan massa tanah menurut BPBD Kabupaten Kediri.. Gerakan massa tanah tersebut telah menyebabkan tidak hanya kerugian materil tetapi juga keresahan dikalangan masyarakat. Dengan mempertimbangkan kejadian-kejadian gerakan massa tanah tersebut maka perlu dilakukan upaya mitigasi sehingga dapat meminimalisir kejadian gerakan massa tanah dan juga kerugian baik materil maupun traumatis terhadap masyarakat di Desa Blimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerawanan dan karakteristik gerakan massa tanah berdasarkan jenis material, mekanisme gerakan dan faktor pengontrol serta menentukan mitigasi gerakan massa tanah berdasarkan karakteristik, jenis material, mekanisme gerakan dan faktor pengontrol.
Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah metode survey lapangan,metode pemetaan, metode pemeriksaan, dan metode pengharkatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan juga data sekunder. Data primer adalah data yang didapatkan langsung dari metode survey, metode pemetaan, dan metode pemeriksaan. Data sekunder adalah data yang didapatkan dari berbagai macam sumber yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan data primer. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Pengambilan keputusan untuk menggunakan metode purposive sampling adalah metode tersebut mudah digunakan serta dapat menyesuakan setiap parameter. Metode analisis yang dipakai adalah metode pengharkatan. Metode pengharkatan diambil dari berbagai macam sumber sedangkan metode pembobotan diambil dari Perka BNPB No.2 tahun 2012.
Hasil penelitian yang dihasilkan dari penelitian ini adalah klasifikasi kerentanan gerakan massa tanah dan/atau batuan. Klasifikasi kerentanan gerakan massa tanah yang terdapat di daerah penelitian dibagi menjadi tiga kelas, yaitu tingkat kerentanan sangat tinggi dengan luas 1,2%, tingkat kerentanan tinggi dengan luas 94,5%, dan tingkat kerentanan sedang dengan luas 4,3%. Karakteristik gerakan massa tanah berdasarkan jenis material bawaan, faktor pengontrol, dan mekanisme gerakan massa tanah yang terjadi di daerah penelitian termasuk dalam jenis nendatan bahan rombakan, nendatan tanah, aliran bahan rombakan, dan rayapan tanah. Mitigasi yang dilakukan di daerah penelitian adalah dengan cara menambahkan rambu peringatan, jalur evakuasi, pemasangan sistem peringatan dini, selain itu pendekatan sosial juga diperlukan di dearah penelitian. Pendekatan sosial tersebut adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan pelatihan kebencanaan. Berdasarkan karakteristik gerakan massa tanah rekayasa teknik yang dilakukan di daerah penelitian adalah dengan berupa dinding bronjong, dan dinding penahan.
Kata Kunci: Mitigasi Bencana, Gerakan Massa Tanah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:38
Last Modified: 15 Aug 2023 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item