UPAYA UNITED NATIONS OFFICE ON DRUGS AND CRIME (UNODC) DALAM MENGURANGI BUDIDAYA OPIUM DI MYANMAR TAHUN 2013-2017

Baltazar, Bavo (2018) UPAYA UNITED NATIONS OFFICE ON DRUGS AND CRIME (UNODC) DALAM MENGURANGI BUDIDAYA OPIUM DI MYANMAR TAHUN 2013-2017. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai upaya UNODC dalam menyelesaikan masalah budidaya opium yang dihadapi negara Myanmar. Budidaya opium di Myanmar sebenarnya sudah ada sejak abad ke-17. Perkembangan budidaya opium yang ada di Myanmar dimulai dari pedagang China yang kemudian semakin berkembang ketika masuknya petani opium yang berasal dari negara China ke wilayah Myanmar. Pada tahun 2013, tingkat budidaya opium di Myanmar kembali meningkat yang disebabkan oleh kemiskinan, jumlah utang dan akses terbatas ke pasar. Dengan sulitnya akses ke pasar, pertanian konvensional tidak dapat memenuhi kebutuhan uang di Myanmar sehingga petani kembali menanam opium. PBB mempunyai visi dan misi untuk mengurangi budidaya opium dunia. Oleh karena itu, PBB membentuk UNODC sebagai organisasi yang menjadi pemimpin dalam peperangan melawan budidaya opium khususnya budidaya opium yang ada di Myanmar. Upaya UNODC dalam mengurangi budidaya opium di Myanmar dengan melakukan Illicit Crop Monitoring Programme (ICMP) serta Alternative Development.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya United Nations Office On Drugs Crime (UNODC) dalam mengurangi tingkat budidaya opium yang ada di Myanmar tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penulis menggunakan konsep organisasi internasional untuk menganalisis penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan penelitian kepustakaan.
Kata kunci: Upaya UNODC, Budidaya Opium, Opium di Myanmar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya UNODC, Budidaya Opium, Opium di Myanmar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:04
Last Modified: 08 Mar 2024 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item