GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI DAERAH TINATAR DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PUNUNG, KABUPATEN PACITAN, PROVINSI JAWA TIMUR

ROSALINA, WIKE (2018) GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI DAERAH TINATAR DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PUNUNG, KABUPATEN PACITAN, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Prodi Ekonomi Akuntansi FEB UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (20kB)

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada di Desa Tinatar dan sekitarnya, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan secara geografis daerah penelitian berada pada 9106525 mU – 9111525 mU dan 509000 mT – 514000 mT (UTM zona 49S) dengan luas 25 km2. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mempelajari tatanan geologi meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, sejarah geologi dan alterasi hidrotermal daerah penelitian.
Pola pengaliran yang mengontrol daerah telitian adalah rectangular dan parallel. Geomorfologi daerah telitian dibagi menjadi 5 satuan geomorfik, meliputi: Satuan Bukit Sisa Vulkanik, Satuan Bukit Intrusi, Satuan Pegunungan Struktural, Satuan Lembah Struktural, dan Satuan Lereng Homoklin.
Struktur geologi yang terdapat pada daerah telitian berupa kekar dan sesar mendatar. Sesar-sesar ini berkembang baik pada Satuan lava-andesit Mandalika, Intrusi Dasit dan Intrusi Andesit yang berarah NW-SE dan N-S.
Susuna stratigrafi lokasi penelitian dari yang berumur tua ke muda secara berurutan adalah Satuan breksi-tuf Arjosari (Oligosen Akhir – Miosen Awal), Satuan lava-andesit Mandalika (Oligosen – Miosen Awal), Litodem Dasit (Miosen Awal bagian awal), Litodem Andesit (Miosen Awal bagian tengah).
Himpunan mineral ubahan di lokasi penelitian berdasarkan hasil dari analisa petrografi, XRD, dan sayatan poles merupakan hasil dari proses hidrotermal yang terdiri dari zonasi himpunan mineral yaitu tipe kuarsa-kalsedon-pirit-illit, tipe kuarsa-serisit-pirit, tipe illit-kuarsa-halloysit dan tipe klorit-kalsit-epidot-klinoklor-pirit-illit. Mineralisasi yang dijumpai pada daerah telitian berupa Pirit (FeS2). Berdasarkan parameter karakteristik tipe endapan di lapangan dan kemudian dilakukan analisa loboratorium, tipe endapan pada lokasi penelitian mengacu pada Sillitoe (2015) adalah tipe endapan epitermal sulfidasi rendah.
Kata Kunci: Pola Pengaliran, Geomorfologi, Stratigrafi, Struktur Geologi, Alterasi Hidrotermal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola Pengaliran, Geomorfologi, Stratigrafi, Struktur Geologi, Alterasi Hidrotermal.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:05
Last Modified: 13 Mar 2024 02:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16706

Actions (login required)

View Item View Item