KONTRIBUSI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENGIRIMAN KONTINGEN GARUDA MISI UNITED INTERIM FORCE IN LEBANON (UNIFIL) TAHUN 2006 – 2016

SETIAWATI, FARISKA ELVI FEBRIANA (2018) KONTRIBUSI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENGIRIMAN KONTINGEN GARUDA MISI UNITED INTERIM FORCE IN LEBANON (UNIFIL) TAHUN 2006 – 2016. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrac.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover aja.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lbr pgshn.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Kawasan Timur Tengah selalu mengalami pergerakan yang disebabkan oleh kompleksitas permasalahan seperti faktor perbatasan, latar belakang sejarah, agama, kepentingan nasional dan perimbangan kekuasaan menjadi perhatian internasional, khususnya konflik di Lebanon. Konflik dikawasan Lebanon yang melibatkan kelomopok Hizbullah dengan Israel terjadi sejak tahun 1970-an hingga saat ini membuat PBB membentuk pasukan perdamaian di Lebanon yang disebut United Interim Force In Lebanon (UNIFIL). UNIFIL merupakan gabungan pasukan mliter dari beberapa negara, antara lain: Perancis, Jerman, Tiongkok, Korea, Malaysia dan salah satunya Indonesia. Indonesia mulai mengirim Kontingen Garuda (KONGA) ke Lebanon pada tahun 2006 pasa masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kontribusi pasukan Indonesia semakin didukung Pemerintah dengan didirikannya Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI (PMPP TNI) di Sentul, Bogor. KONGA akan melaksanakan tugas di Lebanon selama satu hingga dua periode setiap tahun. KONGA tidak hanya bertugas mempertahankan genjatan senjata tetapi juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan mengadakan acara kesenia Indonesia untuk menghibur masyarakat Lebanon. Kata kunci: Kontribusi, Pemerintah Indonesia, Kontingen Garuda, Misi UNIFIL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:01
Last Modified: 03 Oct 2018 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item