PENENTUAN ZONASI CAPROCK DAN RESERVOIR BERDASARKAN MINERAL ALTERASI SUMUR RNP-01, RNP-02 DAN RNP-03 LAPANGAN PANASBUMI LAHENDONG KECAMATAN TOMOHON SELATAN, PROVINSI SULAWESI UTARA

PRAMESWARA, RYANTO NITIYOGA (2018) PENENTUAN ZONASI CAPROCK DAN RESERVOIR BERDASARKAN MINERAL ALTERASI SUMUR RNP-01, RNP-02 DAN RNP-03 LAPANGAN PANASBUMI LAHENDONG KECAMATAN TOMOHON SELATAN, PROVINSI SULAWESI UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Lapangan panasbumi Lahendong merupakan lapangan panasbumi dengan sistem dominasi uap dan air yang terletak di Kecamatan Tomohon Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini dlakukan dengan menganalisis dari tiga sumur eksplorasi untuk mengetahui kondisi geologi dibawah permukaan.
Daerah penetian dapat dibagi menjadi tiga satuan geomorfik, meliputi: perbukitan vulkanik, dataran fluviovulkanik, dan danau vulkanik. Pola pengaliran yang berkembang di daerah penelitian adalah radial sentripetal dan radial sentrifugal.
Vulkanostratigrafi daerah lapangan panasbumi Lahendong tersusun atas batuan berumur Tersier - Kuarter. Batuan Tersier yang merupakan bagian dari Gumuk pre-Tondano tertutupi oleh Gumuk Tondano yang berumur kuarter. Aktivitas vulkanik berumur kuarter menutupi Gumuk tersebut diantaranya Gumuk pre-Pangolombian, Gumuk Pangolombian, Gumuk Kasurutan, Gumuk Linau, Gumuk Tampusu, dan Gumuk Lengkoan.
Komponen panasbumi, caprock dengan zona mineral ubahan smektit-klorit memiliki persebaran semakin mendangkal ke timur laut, dan menebal ke barat daya. Reservoir dengan zona minereal ubahan ilit-klorit dan epidot-ilit klorit memiliki persebaran semakin mendangkal ke barat daya dan semakin menebal ke timur laut
Katakunci: Panasbumi, gunung api,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:25
Last Modified: 23 Aug 2023 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16679

Actions (login required)

View Item View Item