KOMUNIKASI KELUARGA ETNIK MINANGKABAU PERANTAUAN DALAM MENANAMKAN SISTEM KEKERABATAN MATRILINEAL (Studi Pada Etnik Minangkabau Di Kelurahan Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Fernando, Agung Bayu (2018) KOMUNIKASI KELUARGA ETNIK MINANGKABAU PERANTAUAN DALAM MENANAMKAN SISTEM KEKERABATAN MATRILINEAL (Studi Pada Etnik Minangkabau Di Kelurahan Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

komunikasi dalam keluarga tidak dapat dilepaskan dari sistem kekerabatan yang dianut masyarakat. Etnik Minangkabau menarik garis keturunan berdasarkan garis ibu (Matrilineal). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana komunikasi keluarga etnik Minangkabau perantauan terhadap anak laki-laki dan anak perempuan dalam menanakan sistem kekerabatan matrilineal di Kelurahan Catur Tunggal Kecamatan depok Kabupaten Sleman. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana komunikasi keluarga etnik Minangkabau perantauan terhadap anak laki-laki dan anak perempuan dalam menanamkan sistem kekerabatan matrilineal dan mengidentifikasi perubahan sikap keluarga etnik Minangkabau perantauan dalam mempersepsikan sistem kekerabatan matrilineal. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi pustak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya matrilineal masih terjaga kelestariannya, ada satu keluarga yang tidak menerapkan sistem matrilineal namun orang tua tetap mengenalkan budaya tersebut kepada anak-anaknya. Etnik Minang menerima dengan baik budaya matrilineal dan menganggapnya sebagai budaya yang positif jika dikomunikasikan dengan baik dapat banyak memberikan manfaat. Budaya matrilineal merupakan budaya Minang yang mengedepankan kaum perempuan, sesuai dengan keyakinan yang dianut masyarakat minang yaitu Islam bahwa perempuan memang seharusnya dijaga dan dimuliakan.
Kata kunci : komunikasi keluarga, budaya, minangkabau perantauan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi keluarga, budaya, minangkabau perantauan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:40
Last Modified: 14 Mar 2024 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item