PENGARUH PROFITABILITAS, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Studi Kasus pada perusahaan minyak dan gas bumi yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2017 )

Wulandari, Intan Dwi Laras (2018) PENGARUH PROFITABILITAS, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Studi Kasus pada perusahaan minyak dan gas bumi yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2017 ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. halaman pengesahan.pdf

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of D. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh profitabilitas (ROE), keputusan investasi (CEP/BVA), dan keputusan pendanaan (DER) secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan minyak dan gas bumi yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017.
Sampel penelilitan diambil menggunakan sampling purposive. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017. Dari populasi sebanyak 7 perusahaan diperoleh 5 perusahaan minyak dan gas bumi sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 7 tahun (2011-2017). Tipe penelitian ini menggunakan eksplanatory dengan teknik analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji t digunakan untuk mengetahui secara parsial dan uji f digunakan untuk pengujian simultan.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dependend yaitu profitabilitas, keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan, dan secara parsial profitabilitas (ROE) berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan sehingga hipotesis H1 diterima. Keputusan investasi (CEP/BVA) berpengaruh dan signifikasi terhadap nilai perusahaan sehingga hipotesis H2 diterima. Keputusan pendanaan (DER) berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan sehingga hipotesis H3 diterima. Nilai koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,533 menunjukan bahwa pengaruh profitabilitas (ROE), keputusan investasi, dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan sebesar 49,4% dan sisanya 50,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Kata kunci : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan .
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:43
Last Modified: 14 Mar 2024 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item View Item