MITIGASI BENCANA GERAKAN MASSA TANAH DAN/ATAU BATUAN DI DESA NGARGORETNO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG, PROVINSI JAWA TENGAH

Hidayat, Aditya Cresenda (2018) MITIGASI BENCANA GERAKAN MASSA TANAH DAN/ATAU BATUAN DI DESA NGARGORETNO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Desa Ngargoretno yang berada di, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah termasuk kedalam daerah rawan bencana gerakan massa tanah dan/atau batuan menurut BPBD Kabupaten Magelang. Dalam beberapa tahun terakhir di Desa Ngargoretno telah terjadi cukup banyak gerakan massa tanah dan/batuan. Gerakan massa tanah dan/atau batuan tersebut telah menyebabkan tidak hanya kerugian materil tetapi juga keresahan dikalangan masyarakat. Dengan mempertimbangkan kejadian-kejadian gerakan massa tanah dan/atau batuan tersebut maka perlu diketahui tingkat kerawanan, karakteristik gerakan massa tanah dan/atau batuan sehingga dapat ditentukan mitigasi yang sesuai sehingga dapat meminimalisir kejadian gerakan massa tanah dan/batuan dan juga kerugian baik materil maupun traumatis terhadap masyarakat di Desa Ngargoretno.
Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah metode survey lapangan,metode pemetaan, dan metode pengharkatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan juga data sekunder. Data primer adalah data yang didapatkan langsung dari metode survey, metode pemetaan. Data sekunder adalah data yang didapatkan dari berbagai macam sumber yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan data primer. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Pengambilan keputusan untuk menggunakan metode purposive sampling adalah metode tersebut mudah digunakan serta dapat menyesuakan setiap parameter. Metode analisis yang dipakai adalah metode pengharkatan. Metode pengharkatan diambil dari berbagai macam sumber.
Hasil penelitian yang dihasilkan dari penelitian ini adalah klasifikasi kerawanan gerakan massa tanah dan/atau batuan. Klasifikasi kerawanan gerakan massa tanah dan/atau batuan yang terdapat di daerah penelitian dibagi menjadi dua kelas, yaitu tingkat kerawanan tinggi, tingkat kerawanan sedang. Karakteristik gerakan massa tanah berdasarkan faktor pengontrol, faktor pemicu, jenis material, dan tipe gerakan. Mitigasi yang dilakukan di daerah penelitian adalah dengan cara menambahkan rambu peringatan, jalur evakuasi, pemasangan sistem peringatan dini. Pengamatan langsung di lapangan dan juga pelatihan kebencanaan diperlukan dalam mitigasi sehingga masyarakat dapat lebih mengenali gerakan massa tanah dan/atau batuan. Rekayasa teknik yang dilakukan di daerah penelitian adalah dengan berupa teras bangku, teras bangku yang ditanami pohon sonokeling serta covercrop, dan dinding penahan.
Kata Kunci: Mitigasi Bencana, Gerakan Massa Tanah dan/Batuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:18
Last Modified: 07 Jun 2023 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16656

Actions (login required)

View Item View Item