PENGENDALIAN GERAKAN MASSA TANAH DI DUSUN KARANGSARI, DESA BIGARAN, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH

Biantalo, Triski (2018) PENGENDALIAN GERAKAN MASSA TANAH DI DUSUN KARANGSARI, DESA BIGARAN, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Dusun Karangsari berada di kawasan Perbukitan Menoreh. Perbukitan Menoreh merupakan perbukitan yang memiliki kondisi geologi yang kompleks sehingga sering terjadi gerakan massa tanah. Daerah penelitian memiliki lereng dari miring hingga curam, yaitu dari 5° hingga 42°. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe gerakan massa tanah dan kestabilan lereng dengan nilai Faktor Keamanan (Safety Factor), dan menentukan teknik pengelolaan yang sesuai dalam mencegah terjadinya gerakan massa tanah pada daerah pemukiman.
Metode yang digunakan adalah metode survei dan pemetaan, uji laboratorium dan analisis data. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah sifat mekanika tanah, sifat fisik tanah, tanah, batuan, bentuklahan, kemiringan lereng, curah hujan, tata air dan penggunaan lahan.
Hasil analisis kestabilan lereng menggunakan metode Janbu dengan bantuan perangkat lunak slide diperoleh faktor keamanan lereng sebesar 0,523 (labil) pada lereng 1, 1,044 (kritis) pada lereng 2 dan 1,292 (stabil) pada lereng 3. Adapun jenis gerakan massa pada daerah penelitian yaitu longsoran rotasional. Teknik perbaikan yang direkomendasikan untuk meningkatkan stabilitas lereng pada lereng yang labil dan kritis yaitu dengan mengubah geometri lereng dengan model terasering sehingga faktor keamanan lereng 1 dan lereng 2 meningkat menjadi 2,932 dan 2,384. Metode perbaikan untuk mengontrol drainase dilakukan dengan pembuatan sistem drainase dan penanaman vegetasi berakar tunggang seperti pohon kakao serta tanaman rumput vetiver.
Kata Kunci: Gerakan massa tanah, kestabilan lereng, metode janbu, faktor keamanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gerakan massa tanah, kestabilan lereng, metode janbu, faktor keamanan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:34
Last Modified: 18 Mar 2024 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16643

Actions (login required)

View Item View Item