EVALUASI SISTEM DAN TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH BERDASARKAN INDEKS RESIKO LINGKUNGAN DI DESA LANDOH, KECAMATAN SULANG, KABUPATEN REMBANG, PROVINSI JAWA TENGAH

Kurnia Budi, Dinda (2018) EVALUASI SISTEM DAN TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH BERDASARKAN INDEKS RESIKO LINGKUNGAN DI DESA LANDOH, KECAMATAN SULANG, KABUPATEN REMBANG, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI, DINDA KURNIA BUDI 114140049-TEKNIK LINGKUNGAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI, DINDA KURNIA BUDI 114140049-TEKNIK LINGKUNGAN.pdf

Download (68kB)

Abstract

Pengelolaan sampah yang dilakukan di TPA Landoh, Desa Landoh, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, sudah menggunakan sistem Controlled Landfill, namun pada kenyataannya saat ini pengelolaan sampah yang ada di TPA Landoh adalah open dumping, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Kondisi ini harus segera diperbaiki mengingat jumlah sampah yang semakin meningkat, dan banyaknya isu lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar TPA Landoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas lingkungan dan merencanakan arahan pengelolaan TPA Landoh dengan menggunakan Indeks Risiko Lingkungan. Metodologi dalam penelitian yaitu metode penelitian (survey dan pemetaan), metode sampling (purposive samping, grab sampling, dan cluster sampling) dan metode analisa (uji laboratorium, pembobotan dan penilaian sesuai Indeks Risiko Lingkungan). Parameter yang diamati berupa kriteria tempat pembuangan akhir (20 parameter), kriteria sampah di TPA (4 parameter) dan karakteristik lindi (3 parameter) berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Prasarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Data setiap parameter ini dilakukan penghitungan dan penilaian Indeks Risiko Lingkungan untuk mengetahui nilai risiko lingkungan tentang penutupan atau rehabilitasi TPA. Hasil penelitian menunjukkan TPA Landoh termasuk kedalam kriteria tingkat bahaya sedang dengan nilai indeks risiko sebesar 592,35. Hal ini karena terdapat beberapa parameter dengan nilai indeks sensivitas bahaya atau mendekati bahaya diantaranya yaitu jarak terhadap sumber air terdekat, kedalaman air tanah, permeabilitas tanah, jarak terhadap hutan lindung, jenis lapisan tanah dasar, kedalaman muka airtanah, terhadap pemukiman terdekat pada arah angin dominan, penerimaan masyarakat, BOD Lindi, COD Lindi, dan TDS Lindi. Oleh karena itu, tindakan yang disarankan adalah meneruskan TPA dan melakukan rehabilitasi menjadi lahan urug terkendali secara bertahap. Arahan pengelolaan yang dilakukan untuk mengatasi dan meminimalisir permasalahan kualitas lingkungan TPA Landoh yaitu dengan melakukan penambangan lahan urug, membuat sel pembuangan sampah dengan lapisan dasar saniter, membuat pelapis dasar geosintetis, membuat sistem penangkap lindi dengan dimensi dimater pipa 315mm, pengumpul lindi berdiameter 500mm, dan pipa pengendali gas berdiameter 200mm. Kata Kunci: Sampah, TPA Landoh, Indeks Resiko Lingkungan, Controlled Landfill, Penambangan Lahan Urug, Lapisan Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:18
Last Modified: 26 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16613

Actions (login required)

View Item View Item