USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI WOODEN LUNCH BOX BERDASARKAN IDENTIFIKASI WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus pada CV Tunas Jaya Abadi)

Sholihati, Amalina Mar’athu (2018) USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI WOODEN LUNCH BOX BERDASARKAN IDENTIFIKASI WASTE DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus pada CV Tunas Jaya Abadi). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

CV Tunas Jaya Abadi merupakan perusahaan yang memproduksi wooden lunch box di Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan yaitu sering tidak tercapainya target produksi dikarenakan adanya pemborosan dalam proses produksi berupa inventory, defects, dan motions sehingga permintaan tidak dapat terpenuhi. Pendekatan yang digunakan untuk mengidentifikasi waste yaitu dengan pendekatan lean manufacturing. Lean manufacturing merupakan pendekatan untuk mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan atau aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah. Pendekatan ini dilakukan dengan memetakan aliran informasi dan aliran material yang ada pada lantai produksi dalam bentuk value stream mapping. Usulan perbaikan untuk meminimasi waste jenis inventory, defects, dan motions pada proses produksi wooden lunch box di CV Tunas Jaya Abadi adalah pemindahan defects, material sisa produksi, dan mesin rusak di luar lantai produksi, pengurangan allowance pada stasiun kerja, penyediaan tempat penyimpanan bahan bakar, penambahan alat pengangkut, pengecekan bahan baku secara spesifik, pengawasan terhadap operator, melakukan perawatan mesin secara berkala, pembuatan Standard Operational Prochedure (SOP), pengoptimalan mesin vakum, pelatihan karyawan dan penggunaan Alat Pelindung diri (APD) yang sesuai standar. Kata kunci : Lean manufacturing, Value stream mapping, waste.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:25
Last Modified: 25 Sep 2018 08:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16611

Actions (login required)

View Item View Item