PERANCANGAN ALAT MASAK GULA MERAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di CV Zogi Karya Sugar, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah)

Permatasari, Rizky Nurita (2018) PERANCANGAN ALAT MASAK GULA MERAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di CV Zogi Karya Sugar, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV Zogi Karya Sugar, Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang alat masak gula merah baru. Alat masak gula merah yang ada di CV Zogi Karya Sugar, Adipala masih sangat tradisional dengan menggunakan tungku masak dengan kayu bakar dan kayu sebagai pengaduknya. Permasalahan yang terdapat di industri ini adalah prosentase keberhasilan menghasilkan gula masak yang bagus hanya 50% dikarenakan teknik yang digunakan hanya sebatas kira-kira dan pekerja harus memeriksa adonan secara terus menerus, kemudian panas yang dihasilkan dari kayu bakar cenderung tidak stabil dan dapat menghasilkan asap yang berbahaya bagi kesehatan para pekerja. Berdasarkan hasil pengamatan terebut maka perlu adanya perancangan alat masak gula merah baru. Perancangan alat dilakukan dengan melakukan wawancara kepada para pekerja, sehingga alat yang akan dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Kemudian dilakukan perancangan alat menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) alat yang dirancang memiliki spesifikasi sebagai berikut, alat dapat bekerja otomatis dengan menggunakan timer, alat masak gula merah desain baru memiliki waktu proses 60 menit lebih cepat dan menghasilkan 160kg gula merah dalam sehari. Alat yang baru memiliki sensor pengukur suhu yang digunakan untuk mengetahui suhu pada adonan gula merah serta terdapat timer agar pekerja dapat dengan mudah mengetahui kapan gula merah matang. Setelah spesifikasi sudah sesuai alat diuji coba, hasil uji coba semua komponen alat dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Perancangan dan Pengembangan alat, Quality Function Deployment (QFD), Alat Masak Gula Merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:37
Last Modified: 25 Sep 2018 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item View Item