ANALISA STRUKTUR GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DI DAERAH SEMENANJUNG MURIA MENGGUNAKAN METODE GEOMAGNETIK SUBSURFACE GEOLOGICAL STRUCTURE ANALYSIS IN THE MURIA PUNINSULA AREA USING GEOMAGNETIC METODS

Maulana, Rizki (2018) ANALISA STRUKTUR GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DI DAERAH SEMENANJUNG MURIA MENGGUNAKAN METODE GEOMAGNETIK SUBSURFACE GEOLOGICAL STRUCTURE ANALYSIS IN THE MURIA PUNINSULA AREA USING GEOMAGNETIC METODS. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar ISI.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Semenanjung Muria merupakan salah satu pegunungan berapi yang ada di daerah Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jepara Jawa tengah. Daerah ini merupakan daerah yang sangat unik dimana sebuah gunung berapi muncul diluar Ring of fire, banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui baik struktur maupun kondisi keadaaan pegunungan di Semenanjung Muria ini. Metode geomagnetik bekerja dengan memanfaatkan kemagnetan bumi dengan Analisa anomali medan magnet digunakan untuk menginterpretasi suseptibilitas struktur geologi yang menonjol, serta cepatnya waktu pengukuran membuat metode ini banyak digunakan. Analisa menggunakan metode geomagnetik dilakukan didaerah Semenanjung Muria guna mengetahui keadaan geologi bawah permukaan agar bisa memberikan informasi yang nantinya diharapkan berguna untuk membantu masyarakat yang tinggal didaerah ini. Dimana pengambilan data dilakukan disepanjung daerah Semenanjung Muria dengan cara random, yang berjumlah 358 titik pengukuran. Melalui data geologi yang telah diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, diperkirakan Semenanjung Muria terbentuk karena adanya gunung berapi muria yang muncul akibat aktifitas lempeng Samudra Hindia dan lempeng Eurasia serta aktifitas dari sesar yang masuk dalam pola Maratus yang membuat celah pada kedalaman tertantu. Dan dari pengolahan data geomagnetik, diperoleh interpetasi indikasi adanya struktur sesar yang diperlihatkan pada pengolaham menggunakan Tilt Devevative menunjukan klosur – klosur ber nilai 0 yang di indikasikan sebagai struktur sesar dengan arah tenggara-baratlaut dan baratdaya – timurlaut serta utara – selatan yang terdapat di Semenanjung muria. Kata Kunci : Semenanjung Muria, Struktur, Geomagnetik, permodelan Slicing 3-D. Gunung berapi, Tilt Derevative.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:00
Last Modified: 25 Sep 2018 03:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item View Item