ESTIMASI SUMBERDAYA PASIR BATU DENGAN METODE CROSS SECTION DI CV. HARTOYO DESA ARGOMULYO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

WICAKSONO, THEO (2018) ESTIMASI SUMBERDAYA PASIR BATU DENGAN METODE CROSS SECTION DI CV. HARTOYO DESA ARGOMULYO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

CV. Hartoyo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan pasir batu dimana lokasinya terletak di Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahan galian pasir batu yang terdapat di Desa Argomulyo memiliki persebaran merata dan dengan jumlah yang layak. Kebutuhan bahan galian Pasir Batu sebagai bahan dasar bangunan pada saat ini permintaanya meningkat. Oleh karena itu bahan galian Pasir Batu yang ada di lokasi tersebut sangat baik untuk dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan investasi di sektor pertambangan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum terdapat data terperinci mengenai estimasi Sumberdaya bahan galian Pasir Batu, sehingga dibutuhkan data-data yang akurat melalui perhitungan terhadap keadaan topografi endapan bahan galian Pasir Batu di lokasi IUP Eksplorasi CV. Hartoyo hingga dapat mengestimasi Sumberdaya. Upaya yang dapat dilakukan agar mendapatkan estimasi Sumberdaya Pasir Batu adalah dengan metode Cross Section dengan pedoman Rule of Gradual Change menggunakan software AutoCad dan Quicksurf. Pemilihan metode tersebut didasarkan pada sifat persebaran Pasir Batu yang homogen. Metode Cross Section dipilih dengan mempertimbangkan bahan galian yang akan diteliti. Estimasi Sumberdaya Pasir Batu pada daerah penelitian, dibatasi sampai elevasi terendah 453 m di atas permukaan air laut dan tidak adanya lapisan tanah penutup. Perhitungan estimasi Sumberdaya bahan galian dibagi menjadi 6 blok Pasir Batu dengan total sayatan sebanyak 73 di lokasi yang dihasilkan dari nilai kesalahan estimasi yang menemui nilai konstan pada tiap blok nya. Estimasi volume sumberdaya pada lokasi IUP Eksplorasi didapatkan sebesar 1.024.788 m3. Dari total tersebut volume dapat digolongkan dan didapatkan volume pasir sebesar 541.703,5 m3, volume bantak sebesar 277.103 m3, dan volume bongkah sebesar 206.085,1 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:35
Last Modified: 25 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item View Item