SIKUEN STRATIGRAFI DAN IDENTIFIKASI SAND RIDGE RESERVOIR GO-35, GO-33, DAN GO-32 LAPANGAN GO, INTERVAL MAIN FORMASI CIBULAKAN ATAS, SUB-CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA

Akbar, Muhammad Rahmat Redho (2018) SIKUEN STRATIGRAFI DAN IDENTIFIKASI SAND RIDGE RESERVOIR GO-35, GO-33, DAN GO-32 LAPANGAN GO, INTERVAL MAIN FORMASI CIBULAKAN ATAS, SUB-CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Kebutuhan masyarakat akan minyak dan gas bumi yang terus meningkat membuat kegiatan produksi dan eksplorasi harus ditingkatkan. Dalam rangka melakukan peningkatan tersebut, salah satu caranya adalah dalam bentuk penelitian. Penelitian dilakukan pada salah satu lapangan operasi PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ), yaitu Lapangan GO. Lapangan GO berlokasi di laut jawa, sekitar 70 Km ke arah Timur Laut dari Jakarta. Luas Lapangan GO adalah 8,5 x 8,5 Km2. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan cara melakukan pemetaan bawah permukaan yang mengintegrasikan data log sumur, inti batuan, log lumpur, petrografi, dan seismik.
Sub-cekungan Ardjuna Selatan merupakan salah satu sub-cekungan dari Cekungan Jawa Barat Utara. Interval Main Formasi Cibulakan Atas diendapkan selama transgresi dengan kondisi tektonik yang relatif tenang. Struktur geologi yang berkembang berupa sesar-sesar turun dengan arah utara-selatan dan timur laut-barat daya.
Variasi litologi yang dijumpai berupa batupasir, batupasir karbonatan, batulanau, dan batu lempung. Marker yang dijumpai adalah flooding surface (fs). Terdapat lima belas marker parasikuen stratigrafi yang menandakan bahwa terdapat lima belas parasikuen yang berkembang pada daerah penelitian. Dari bawah ke atas didominasi oleh pola elektrofasies mengkasar ke atas dan diendapkan dalam kondisi transgresi. Asosiasi sup-fasies yang dijumpai adalah ASF-1 (embryonic stage) dan ASF-2 (accretion (tidal) stage). Terdapat tiga reservoir yaitu sand ridge reservoir GO-35 yang berada di antara fs 10-11, GO-33 yang berada di antara fs 8-9, dan GO-32 yang berada di antara fs 5-6, ketiga sand ridge reservoir tersebut diendapkan pada laut dangkal yang dipengaruhi pasang surut. Perubahan depositional paleoenvirontment menunjukkan bahwa garis pantai berpindah ke arah darat (utara).
Kata-kata kunci: Sand ridge reservoir, batupasir, asosiasi sub-asosiasi, pasang-surut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:19
Last Modified: 06 Sep 2023 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item