ANALISIS KELIMPAHAN HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum) DENGAN DUA MACAM TANAMAN PENDAMPING DAN TIGA MACAM POLA TANAM

Pratama, Ananda Putra Bagus (2018) ANALISIS KELIMPAHAN HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum) DENGAN DUA MACAM TANAMAN PENDAMPING DAN TIGA MACAM POLA TANAM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi.pdf]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

Dalam budidaya cabai kendala yang sering dihadapi dalam peningkatan produksi tanaman cabai ialah gangguan hama dan penyakit. Peran hama tidak hanya sebagai perusak, tetapi juga sebagai vektor dari penyakit. Kebanyakan petani di Indonesia masih menggunakan insektisida sebagai solusi penanggulangan hama, akan tetapi tidak hanya hama yang akan mati karena pestisida, predator hama tersebut juga akan mati. Salah satu cara penanggulangan penyebaran hama yang ramah lingkungan adalah dengan menanam tanaman pendamping (Companion planting). Pemilihan tanaman pendamping yang sesuai dapat mempengaruhi populasi hama dan hasil produksi tanaman cabai. Penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan jenis tanaman pendamping dengan pola tanamnya. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah populasi hama dan musuh alami, intensitas kerusakan serta hasil panennya. Pengambilan sample dilakukan dengan simple random sampling, yang terdiri dari 5 tanaman di tiap petak perlakuan. Metode perlakuan yang digunakan adalah metode split plot dengan tanaman jagung dan sawi sebagai main plot dan perlakuan pola tanam sebagai sub plotnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan kombinasi tanaman pendamping jagung dan pola tanam 3:1 terbukti menurunkan populasi hama tetapi tidak mengurangi populasi musuh alaminya, akan tetapi untuk peningkatan hasil, diperlukan tambahan perlakuan agar hasilnya lebih maksimal.
Kata kunci : cabai, hama, musuh alami, tanaman pendamping

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: cabai, hama, musuh alami, tanaman pendamping
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:42
Last Modified: 20 Mar 2024 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item View Item