ANALISIS SEISMIK STRATIGRAFI DALAM MENGANALISA PETROLEUM SYSTEM DAN EKSPLORASI HIDROKARBON PADA ZONA RANDUBLATUNG CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA

Eskha, Herfa Valen (2018) ANALISIS SEISMIK STRATIGRAFI DALAM MENGANALISA PETROLEUM SYSTEM DAN EKSPLORASI HIDROKARBON PADA ZONA RANDUBLATUNG CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan.jpg]
Preview
Image
halaman pengesahan.jpg

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi.pdf]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (427kB)

Abstract

Pada cekungan Jawa Timur Utara terdapat 3 zona dari utara ke saletan yaitu Zona Rembang, Zona Randublatung dan Zona Kendeng. Pada daerah penelitian yang terletak di Zona Randublatung merupakan zona depresi atau berupa lembah memanjang diantara perbukitan Kendeng dan Rembang. Pada penelitian ini menggunakan metode seismik stratigrafi untuk menganalisa keberadaan batuan reservoar dan letak dari hidrokarbon pada daerah penelitian. Dalam penelitian ini untuk mengetahui pola pengendapan sedimen dilakukan analisa sekuen stratigrafi sehingga dapat menentukan batas antar formasi. Seismik stratigrafi merupakan metode yang menerapkan stratigrafi ke dalam data seismik untuk mempelajari pola pengendapan sedimen. Daerah penelitian terletak pada Zona Randublatung di Cekungan Jawa Timur Utara dengan banyaknya line seismik 126 dan 24 sumur log.
Data yang dihasilkan dari penelitian berupa korelasi sumur log, picking fault, picking horizon dan peta time structure. Pada daerah penelitian target berada pada Formasi Kujung dimana pada tinggian dari formasi tersebut kemungkinan terdapat batugamping terumbu sebagai batuan reservoar yang sebagai letak dari hidrokarbon dan pada rendahan terdapat endapan sedimen. Migrasi primer pada daerah penelitian berarah dari source rock yang terletak pada rendahan ke lapisan pembawa, kemudian migrasi sekunder dari lapisan pembawa sampai terakumulasi dalam batuan reservoar yang terletak pada tinggian di daerah penelitian. Dari arah migrasi tersebut dapat diketahui letak batuan reservoar pada bagian tinggian yang disitu terdapat kandungan hidrokarbon, sehingga letak dari jebakan minyak terdapat pada bagian tinggian yang hidrokarbon terjebak pada footwall karana migrasi dari hangingwall.
Kata kunci: Batuan Reservoar, Seismik Stratigrafi, Formasi Kujung, Petroleum System, Hidrokarbon, Zona Randublatung

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Batuan Reservoar, Seismik Stratigrafi, Formasi Kujung, Petroleum System, Hidrokarbon, Zona Randublatung
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:21
Last Modified: 20 Mar 2024 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item