ANALISIS DATA GAYABERAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HORIZONTAL GRADIENT DAN EULER DECONVOLUTION DALAM MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR GEOLOGI PADA DAERAH KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR

Stiyawan, Fandi Budi (2018) ANALISIS DATA GAYABERAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HORIZONTAL GRADIENT DAN EULER DECONVOLUTION DALAM MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR GEOLOGI PADA DAERAH KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki wilayah yang terletak diantara pertemuan tiga Lempeng tektonik yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo - Australia. Lempeng tektonik mengakibatkan pembentukan struktur geologi dan suatu deratan Pegunungan di Indonesia, salah satunya Pegunungan Selatan Pulau Jawa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pacitan dan sekitarnya yang merupakan bagian zona Pegunungan Selatan bagian Timur yang terletak pada zona peralihan antara subduksi zaman Kapur dengan subduksi zaman Tersier. Penilitian ini dilakukan untuk mengetahui pola struktur geologi bawah permukaan berupa patahan.
Penelitian pada daerah ini menggunakan data gayaberat dengan menerapkan metode Horizontal Gradient dan Euler Deconvolution dalam mengidentifikasi struktur geologi bawah permukaan. Pengolahan data tersebut menggunakan software Oasis Montaj, Gravbock dan Rockwork. Hasil pengolahan ini menggunakan parameter percepatan gravitasi (mGal) dan Densitas batuan (gr/cc). Tahap akhir dilakukan interpretasi hasil pengolahan data tersebut.
Pengolahan data tersebut menghasilkan peta ABL, peta Anomali Residual, peta Anomali Regional, peta HG, peta ED, model gayaberat 3D dan penampang 2D. Peta HG memberikan informasi struktur yang memiliki nilai anomali HG tinggi (0.0045 mGal/m – 0.0334 mGal/m) dan peta ED memberikan informasi kedalaman struktur geologi bawah permukaan berupa patahan antara (35.7 m - 876.4 m). hasil pemodelan 3D menunjukkan informasi litologi batuan berdasarkan nilai densitas batuan dengan nilai densitas (2.1 gr/cc - 3.3 gr/cc). hasil dari analisa tersebut diketahui arah pola tegasan struktur geologi bawah permukaan berupa patahan daerah penelitian relatif NE – SW dan NW – SE.
Kata kunci : struktur geologi, gayaberat, Horizontal Gradient,
Euler Deconvolution.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:20
Last Modified: 29 Aug 2023 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item