GEOLOGI DAN POTENSI GERAKAN TANAH DAERAH PANUSUPAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH

ADSURA, SOFTY PUTRI (2018) GEOLOGI DAN POTENSI GERAKAN TANAH DAERAH PANUSUPAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER softy.pdf]
Preview
Text
COVER softy.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK softy.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK softy.pdf

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI softy.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI softy.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (14kB)

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada di Desa Panusupan dan sekitarnya, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis daerah telitian berada pada 9191030 mN - 9196030 mN dan 0332623 mE – 0337623 mE (UTM-WGS84 zona 49S) dengan luas 25 km2.
Daerah telitian dapat dibagi menjadi 6 satuan geomorfik, meliputi: perbukitan vulkanik, perbukitan homoklin, lembah homoklin, tubuh sungai, dataran aluvial dan gosong sungai. Pola pengaliran yang berkembang di daerah telitian adalah subdendritik.
Susunan stratigrafi daerah telitian dari yang berumur tua ke muda secara berurutan adalah satuan lava Kumbang berumur (Miosen Tengah), satuan batulempung Halang berumur (Miosen Tengah), satuan batupasir Tapak berumur (Miosen Tengah – Miosen Akhir), satuan batulempung Kalibiuk (Miosen Akhir-Pliosen), dan satuan endapan aluvial berumur Holosen.
Struktur geologi yang berkembang di daerah telitian berupa kekar dan sesar mendatar. Sesar ini terdapat pada satuan batupasir Tapak sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya gerakan tanah.
Secara umum daerah telitian merupakan daerah sec b ring terjadi longsor dengan faktor keamanan kurang dari 1,07. Berdasarkan analisa software slide 6.0 didapatkan faktor keamanan lereng 0,668 ; 0,143 dan 0,276. Tipe longsoran daerah tersebut adalah Debris slide.
Kata Kunci : Gerakan tanah, Kestabilan lereng, Struktur geologi, Purbalingga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:46
Last Modified: 04 Sep 2023 02:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item