ANALISA PERSEBARAN RESERVOIR DENGAN MENGGUNAKAN MERGE INVERSION DAN NET TO GROSS PADA LAPANGAN “MM”, FORMASI TELISA, CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

Fachri, Muhammad Surya Amafa (2018) ANALISA PERSEBARAN RESERVOIR DENGAN MENGGUNAKAN MERGE INVERSION DAN NET TO GROSS PADA LAPANGAN “MM”, FORMASI TELISA, CEKUNGAN SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Menurunnya cadangan energi berupa minyak dan gas bumi berbanding terbalik terhadap kebutuhan yang dibutuhkan, terutama untuk bidang industri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mencari sumber dari cadangan minyak dan gas bumi yang potensial dengan menggunakan seismik refleksi pada eksplorasi. Seismik refleksi menggunakan gelombang seismik yang merambat pada bawah permukaanbumi dan akan direfleksikan pada lapisan batuan dan akan ditangkap oleh receiver dalam bentuk domain waktu dan akhirnya dapat diinterpretasi dalam bentuk model AI. Lapangan “MM” yang berada pada Cekungan Sumatera Selatan dan fokus pada Formasi Telisa. Formasi tersebut memiliki batupasir yang cocok diindikasikan sebagai zona reservoir menurut data geologi. Metode merge inversion merupakan metode yang memanfaatkan hasil dua buah inversi yang digabungkan menjadi sebuah penampang baru dengan tujuan adanya sifat dominan pada hasil inversi sebelumnya akan terlihat dengan menggunakan merge inversion. Pada metode net to gross merupakan metode yang menggunakan hasil dari inversi dengan melihat nilai dari akustik impedansi sehingga menghasilkan sand probability pada daerah penelitian. Hasil yang didapatkan berdasarkan metode merge inversion dan net to gross memiliki hasil penampang bawah permukaan yang lebih baik. Hasil metode merge inversion memiliki nilai sand probability 1,4 persen lebih besar dibandingkan metode model based dan 11,4 persen lebih besar dibandingkan metode sparse spike. Sehingga persebaran reservoir memiliki arah selatan – utara. Yang mana lapangan “MM” diindikasikan sebagai cadangan reservoir yang potensial. Kata kunci: Eksplorasi, receiver, seismik refleksi, sand probability.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:32
Last Modified: 18 Sep 2018 07:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item