PENGARUH TERPAAN “SINETRON KISAH NYATA INDOSIAR” TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL IBU RUMAH TANGGA (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Perumahan Lembah Asri Magelang)

Choirunnisa, Laila (2018) PENGARUH TERPAAN “SINETRON KISAH NYATA INDOSIAR” TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL IBU RUMAH TANGGA (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Perumahan Lembah Asri Magelang). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK indo dan english.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. daftar isi.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan media massa yang banyak di minati oleh masyarakat umum. Berbagai program televisi, salah satu program yang diminati ialah sinetron. Sinetron adalah program drama bersambung. Sinetron yang sekarang ini banyak dinikmati oleh masyarakat adalah “Sinetron Kisah Nyata Indosiar”. Cerita di sinetron ini menceritakan tentang kehidupan sosial dan berdasarkan kisah nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh Terpaan “Sinetron Kisah Nyata Indosiar” terhadap perilaku prososial ibu rumah tangga di Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan teori Kultivasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dengan mengambil sampel dari satu populasi, dalam penelitian ini populasinya adalah ibu rumah tangga di Lembah Asri Mertoyudan Kabupaten Magelang dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis product moment, analisis regresi linear sederhana dan uji-t. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh terpaan sinetron kisah nyata Indosiar terhadap perilaku prososial ibu rumah tangga. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pengujian hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai p-value hasil uji-t dari variabel sinetron sebesar 0,000. Karena nilai p-value lebih kecil dari tingkat lebih kecil dari tingkat signifikan α = 5% atau (0,000< 0,05), maka Ho ditolak : yang berarti ada Pengaruh Sinetron Kisah Nyata Indosiar terhadap perilaku Prososial. Sedangkan dari analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan “Sinetron Kisah Nyata Indosiar” terhadap perilaku Prososial Ibu rumah tangga sebesar 22,9% sedangkan sisanya sebesar 77,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Terpaan, Sinetron, Prososial, Ibu Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:21
Last Modified: 17 Sep 2018 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16424

Actions (login required)

View Item View Item