ANALISA SEISMIK MULTI ATRIBUT PROBABILISTIC NEURAL NETWORK UNTUK MENENTUKAN PERSEBARAN RESERVOAR PADA LAPANGAN “X”

Aryudantara, Ghufron Malik (2018) ANALISA SEISMIK MULTI ATRIBUT PROBABILISTIC NEURAL NETWORK UNTUK MENENTUKAN PERSEBARAN RESERVOAR PADA LAPANGAN “X”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Kegiatan eksplorasi minyak dan gas erat berhubungan dengan data seismik Material bumi yang bersifat elastik akan menyebabkan gelombang seismik merambat ke dalam bumi dengan kesegalah arah. Respon batuan terhadap gelombang yang datang akan berbeda-beda tergantung sifat fisik batuan yang meliputi densitas, porositas, kepadatan, dan kedalaman batuan. . Sifat gelombang akustik seismik yang pada tahapan pengolahan hingga melalui proses interpretasi, membuat properti informasi bawah permukaan untuk mengidentifikasikan jenis kejadian geologis berupa patahan, litologi, serta menaksirkan ukuran cadangan dan bentuk karateristik pada reservoar hidrokarbon. Daerah penelitian ini masuk pada sub cekungan Tarakan yang memiliki tebal formasi mencapai 400-1500 m dan menebal ke arah timur. Reservoar penelitian ini berada pada formasi Tabul yang didominasi oleh batuasir, batulempung/ serpih, karbonat dan batubara.
Proses analisa multi atribut seismik digunakan untuk mengidentifikasikan zona prospek lapangan dengan target reservoar hidrokarbon. Metode multi atribut yang digunakan adalah Probabilistic Neural Network yang menampilkan hasil yang cukup baik mencakup interval yang dinamis pada frekuensi-tinggi yang ditampilkan dalam log masing masing sumur. Pada analisa ini mencari hubungan anatara data log dengan data seismik pada lokasi sumur berada dan menghubungkan untuk memperkirakan hasil berupa volum dari properti log yang dihasilkan pada semua volum seismik.
Pada hasil peta slicing psedo VCL menunjukkan persebaran dari batupasir formasi Tabul tersebut. Nilai batupasir diperkirakan range 0,4 – 0,7 v/v cukup mendominasi persebaran dari utara hingga tenggara seperti. Data geologi regional memberikan informasi bahwa ketebalan reservoar batupasir pada formasi Tabul ini ± 15 meter dan berdasarkan Indonesia Basins Summaries (2006) wilayah formasi Tabul merupakan seri delta dengan batupasir berbentuk channel dan bar dengan tebal formasi mencapai 400-1500 m dan menebal kearah timur. Kualitas reservoar yang ada termasuk bagus dengan pelamparan yang cukup luas.
Kata kunci: Reservoar, properti log, Neural Network, delta pain, Seismik Multiatribut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:21
Last Modified: 23 Aug 2023 06:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16363

Actions (login required)

View Item View Item