DAMPAK KEBIJAKAN BEBAS VISA PEMERINTAH INDONESIA KEPADA 169 NEGARA TERHADAP INDONESIA

LALITA, AURELIA NANDA PHALYA (2018) DAMPAK KEBIJAKAN BEBAS VISA PEMERINTAH INDONESIA KEPADA 169 NEGARA TERHADAP INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Bebas Visa Kunjungan. Kebijakan bebas visa merupakan salah satu kebijakan yang terus dikembangkan sejak 2003. Berawal dari pembebasan ke 11 Negara, di tahun 2016, kebijakan tersebut telah membebaskan visa bagi 169 negara untuk visa kunjungan. Dengan dikeluarkannya kebijakan bebas visa ini, Indonesia mendapatkan keuntungan dalam beberapa aspek. Selain keuntungan, tentunya kebijakan ini memberikan kerugian pula bagi Indonesia sebagai tuan rumah yang kedatangan berbagai WNA di daerahnya.
Tulisan ini akan menganalisa bagaimana dampak dari kebijakan bebas visa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Indonesia itu sendiri. Tulisan ini akan menganalisa menggunakan konsep Globalisasi dalam melihat perkembangan dari negara yang dibebaskan Visa oleh Indonesia, konsep kepentingan nasional untuk menganalisa mengapa kebijakan ini tetap berjalan dan juga tujuan dari kebijakan ini, serta teori kebijakan publik untuk melihat dampak yang dirasakan oleh Indonesia itu sendiri.
Kata kunci : Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016, Visa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:39
Last Modified: 04 May 2023 01:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item