ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI MENGIKUTI ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

SUPRIADI, SUPRIADI (2018) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI MENGIKUTI ASURANSI USAHATANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Program asuransi usahatani padi merupakan produk asuransi yang ditujukan untuk petani padi, asuransi usahatani padi sangat membantu petani dalam melindungi kerugian yang disebabkan oleh banjir, kekeringan serta organisme pengganggu tanaman, akan tetapi hal ini tidak terlepas dari minat petani padi pada program asuransi usahatani padi. Sehingga diperlukan kajian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani mengikuti program asuransi usahatani padi. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengidentifikasi risiko produksi usahatani padi dan 2). Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani pada asuransi usahatani padi (AUTP) di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan metode survei. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling atau penentuan yang dilakukan secara sengaja, dikarenakan minimnya petani yang tergabung dalam program asuransi usahatani padi. Pengambilan responden menggunakan metode propotional stratified random sampling. sampel distratifikasi berdasarkan ciri khusus, sampel dalam penelitian sebanyak 100 petani padi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan tabulasi dengan pengujian hipotesis menggunakan regresi binari logistik. Hasil penelitian 1). Risiko produksi usahatani padi disebabkan oleh serangan hama tikus dan 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani pada asuransi usahatani padi adalah faktor pengalaman dan lingkungan fisik. Kata kunci : Asuransi usahatani padi, Risiko produksi, Faktor minat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:01
Last Modified: 04 Sep 2018 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item