KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI BATU ANDESIT DI PT. ARGA WASTU KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH

SATRIANINGSIH, FEBRIYANTI ABRIANA (2018) KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI BATU ANDESIT DI PT. ARGA WASTU KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

PT. Arga Wastu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batu andesit yang terletak di Desa Sanetan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Penambangan batu andesit saat ini dilakukan menggunakan Backhoe Komatsu PC 300 sebagaialat muat, dan Dumptruck Isuzu FVZ34P 285 PS dan Hino FM 260 Ti Ssebagai alat angkut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi batu andesit sebesar 2.728 ton/hari dari front penambangan ke crusher. Produksi yang dapat dihasilkan sebesar 2.545,85 ton/hari pada alat muat, dan 2.264,73 ton/hari pada alat angkut. Hal ini disebabkan karena keterbatasan jumlah alat dan rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi batu andesit dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja sehingga efisiensi kerja alat meningkat dan penambahan jumlah alat angkut. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif didapatkan kemampuan produksi sebesar 3.007,73 ton/hari pada alat muat dan 2.389,46 ton/hari pada alat angkut dan penambahan 1 alat angkut didapatkan kemampuan produksi sebesar 2.787,69 ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:30
Last Modified: 15 Aug 2018 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item